Rizal Ramli Meninggal Dunia, Dikenal Sosok Kritis dan Oposisi Pemerintahan

Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya, Rizal Ramli,
Sumber :
  • Fanpage Joko Widodo

VIVA - Kabar duka menyelimuti Indonesia dengan meninggalnya ekonom yang juga mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Rizal Ramli, yang dikenal sosok kritis dan selalu berada dibarisan oposisi pemerintahan. Rizal Ramli meninggal dunia dalam perawatan medis di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta, Selasa 2 Januari 2024.

Tinjau Pasar Kawat Tanjungbalai, Jokowi Pastikan Pasokan Pangan Aman dan Terjangkau

Rizal menjalani perawatan medis akibat penyakit kanker pankreas yang dideritanya. Sosok berusia 69 tahun itu akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jeruk Purut, Jakarta Selatan, Jakarta, pada Kamis, 4 Januari 2024.

"Besok dimakamkan di TPU Jeruk Purut, bersama dengan almarhumah istri beliau," kata tim komunikasi sekaligus perwakilan keluarga Rizal Ramli, Yosef Sampurna, saat ditemui di rumah duka Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Jakarta, Rabu, 3 Januari 2024.

KPPU Bersama Pelaku Usaha, Bahas Penyebab Harga Beras di Sumut Meroket

Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla, menceritakan kenangan pribadinya bersama mendiang ekonom-aktivis Rizal Ramli, saat memimpin Bulog di awal medio tahun 2000-an. Hal itu diutarakannya usai melayat ke rumah duka Rizal Ramli, di kawasan Bangka, Jakarta Selatan.

JK sendiri diketahui pernah menjabat sebagai Kepala Bulog, pada medio 1999-2000 silam. Posisinya pun digantikan oleh Rizal Ramli, yang menjabat Kepala Bulog pada 2000-2001.

Polda Sumut Tangkap Mafia Beras, Modal Dokumen Palsu Jual 2.000 Ton Beras Bulog

"Beliau mengganti saya sebagai Kepala Bulog pada tahun 2000. Jadi kita selalu berdiskusi tentang pangan," kata pria yang karib disapa JK itu, saat ditemui di rumah duka kawasan Bangka, Jakarta Selatan, Rabu, 3 Januari 2024.

Selain itu, selama dua kali menjabat sebagai Wakil Presiden RI, JK mengaku kerap berseberangan pendapat dengan Almarhum Rizal Ramli. Meski demikian, hal itu ditegaskan JK sama sekali tak mempengaruhi jalinan persahabatan mereka.

Halaman Selanjutnya
img_title