Ini Jenis Gempa Magnitudo 7.3 yang Mengguncang Sumbar, Lima Kali Terjadi Susulan 

Gempa magnitudo 7.3 Kepulauan Mentawai 25 April 2023.
Sumber :
  • BMKG

VIVA - Gempa magnitudo 7,3 mengguncang Sumatera Barat (Sumbar) berada di laut pada jarak 177 kilometer baratlaut Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat pada kedalaman 23 kilometer. Gempa yang terasa hingga Nias Selatan, Pulau Tanabala Sumatera Utara, terjadi pada Selasa 25 April 2023 dini hari.

Imbas Kematian Siswanya Diduga Dianiaya, Kepsek SMKN 1 Nias Selatan Dibebastugaskan

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, daryono dalam keterangan resminya menyebutkan jika hasil analisis BMKG, gempa teknonik ini memiliki parameter update dengan Magnitudo 6.9.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia.

Siswa SMKN 1 Nias Selatan Tewas Diduga Dianiaya Kepala Sekolah, Ini Kata Disdik Sumut

Katanya, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini berpotensi tsunami. Daerah yang berpotensi terdampak tsunami dengan status waspada di daerah Nias Selatan, Pulau Tanabala Sumatera Utara," ujar Daryono.

Polisi Usut Kematian Siswa SMKN 1 Nias Selatan, Diduga Tewas Dianiaya Kepala Sekolahnya

Daryono melanjutkan, hingga pukul 04.00 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya lima kali aktivitas gempabumi susulan atau aftershock  dengan magnitudo terbesar M4,6.

BMKG kata Daryono mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Halaman Selanjutnya
img_title