Ciptakan Warga Mandiri, Ustaz Sahabat Ganjar Gelar Pelatihan Bilal Mayit

Usbat Ganjar Sumut berikan pelatihan Bilal Mayit.
Sumber :
  • Istimewa/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Pentingnya keberadaan seorang Bilal Mayit dalam mengurus jenazah, membuat relawan Ustaz Sahabat (Usbat) Ganjar Sumatera Utara (Sumut) memberikan pelatihan praktik kepada masyarakat. Pelatihan ini turut mengundang sejumlah ustaz di Medan.

Begini Cara Personel Polres Labusel, dalam Tingkatkan Keimanan di Bulan Ramadan

Pelatihan ini diikuti warga dan jamaah dari Majelis Taklim Al-Hikmah Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan, Sumut, Rabu 24 Mei 2023. Dengan pelatihan ini kiranya mampu mengurus jenazah warga lain yang membutuhkan.

Koordinator Daerah Usbat Medan, Muhammad Nizar Nur mengatakan, pelatihan ini ditujukan untuk menciptakan kemandirian pada masyarakat. Sehingga bila ada kerabatnya yang meninggal, mereka bisa memandikannya secara mandiri.

Anak-Anak dan Remaja Mushalla Al - Muhajirin Rutin Gelar Tadarus Alquran

"Jadi, untuk keperluan memandikan jenazah balik ke lingkup keluarga. Andai kata terjadi kekosongan bilal mayit, misal saat banjir, ataupun sebagainya. Maka bila ada bilal mayit di tengah keluarga, maka sudah standby ada yang memandikan," ujar Nizar.

Nizar menjelaskan, pelatihan bilal mayit menjadi sangat penting karena memandikan jenazah memiliki dasar hukum fardu kifayah.

Polres Labusel Mengaji, Tingkatkan Keimanan dan Taqwa Kepada Allah SWT

"Bilal mayit ini secara hukum itu fardu kifayah. Disaat ada seseorang yang sudah melakukan itu, maka gugurlah kewajiban seluruh (orang-orang di daerah tersebut). Sudah terlepas kewajibannya," jelasnya.

Lebih lanjut, Nizar mengatakan pihaknya akan kembali menggelar pelatihan untuk menambah keterampilan umat muslim di wilayah lainnya di Sumut.

Halaman Selanjutnya
img_title