Dorong Potensi Olahraga di Sumut, Edy Rahmayadi: Saya Ingin Setiap Daerah Ada Pesepak Bola Profesion

Edy Rahmayadi saat memberikan bola kaki untuk pembinaan pesepakbola dan SSB di Kabupaten Langkat.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Calon Gubernur Sumut nomor urut 2, Edy Rahmayadi ingin mengembangkan potensi sumber daya manusia (SDM) bagi generasi muda dalam bidang pendidikan dan olahraga. Hal itu, disampaikan Edy Rahmayadi saat berkampanye di Gedung Beras, Pangkalan Beras, Kabupaten Langkat, Kamis siang, 10 Oktober 2024.

Dihadiri ratusan masyarakat, berbagi kalangan ibu-ibu, tokoh masyarakat, milenial hingga remaja dari sejumlah Sekolah Sepakbola (SBB). Mantan Ketua Umum PSSI itu, bercerita Sumut, terkenal dengan pemain sepakbola yang berkualitas dan profesional.

Namun, sekarang susah mencari pemain itu. Termasuk membawa kejayaan PSMS Medan kembali Liga 1 Indonesia. "Saya ingin, membangun SDM berkualitas. Saya berharap setiap daerah di Sumut, ada bibit pemain bola 1 atau 2 pemain sepakbola berkualitas dan profesional," kata Edy.

Pasangan Edy-Hasan Basri Sagala, juga fokus dalam pengembangan potensi olahraga di Sumut. Sehingga pembangunan SDM olahraga berkualitas, profesional, dan siap bertarung akan dilakukan kedepannya, bila mana terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut periode 2025-2030. "Saya ingin, setiap kecamatan memiliki satu lapangan sepakbola kedepannya. Agar tumbuh bibit pemain sepakbola," ucap Edy yang juga menjabat sebagai Pembina PSMS Medan.

Bukti Edy Rahmayadi dengan dunia olahraga, terlihat dalam persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut Tahun 2024. Salah satunya, membangun kawasan Sport Center Sumut, di Kabupaten Deliserdang. "Saya ingin dari daerah ini (Langkat) tumbuh atlet-atlet berprestasi. Tugas pemerintah memberikan pembinaan dan fasilitas olahraga yang baik," jelas Edy.

Selain meningkatkan SDM berkualitas dibidang olahraga. Edy-Hasan memiliki visi dan misi meningkatkan pendidikan, kesehatan, infrastruktur, pertanian dan perkebunan hingga pertumbuhan ekonomi serta pariwisata. "Kalau menjabat bisa dilakukan itu, kalau tidak bisa menjabat bagaimana melakukannya. Makanya, yang hadir disini untuk mengajak saudara, tetangga dan sekeliling untuk memilih pasangan nomor urut dua, Edy-Hasan," kata mantan Pangdam I Bukit Barisan itu.

Diakhiri acara, Edy Rahmayadi yang peduli dengan dunia olahraga di Sumut, dengan membagikan sebanyak 30 bola kepada sejumlah SBB yang ada di Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat. "Ini bola yang digunakan di Liga 1 Indonesia, sehingga memiliki kualitas baik. Gunakan latihan kalian, biar menjadi pemain bola yang hebat," sebut Edy kepada perwakilan SBB.