Bangun Pondasi Rumah, Fosil Gading Gajah Purba Berusia 800 Ribu Tahun Ditemukan di Sragen

Fosil gading gajah purba berusia 800 ribu tahun.
Sumber :
  • TikTok

 

VIVA - Warga Desa Ngebung, Kalijambe, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah dihebohkan dengan temuan fosil gading gajah purba sepanjang 3,30 meter pada Selasa, 1 Agustus 2023 sekitar pukul 07.00 WIB.

Temuan fosil gading gajah purba itu beredar dimedia sosial yang dibagikan akun TikTok @matomantos, fosil gajah purba itu sedang diangkat beramai-ramai oleh warga desa. Dinarasikan fosil gajah itu telah berusia ratusan ribu tahun.

“Usia gading gajah -+ 700 ribu tahun, detik-detik pengangkatan fosil gading gajah purba, panjang -+3,3 m di Ngebung, Kalijambe, Sragen 2-8-2023” tulis keterangan unggahan, dikutip Jumat, 4 Agustus 2023.

Fosil gajah purba itu pertama kali ditemukan oleh warga desa bernama Supardi saat hendak membangun pondasi rumah pada Selasa kemarin sekitar pukul 7 pagi.

Setelah melihat fosil tersebut, Supardi bersama warga lainnya langsung melapor ke Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran untuk mengevakuasi fosil.

Pada keesokan harinya, Rabu, 2 Agustus 2023 tim BPSMP langsung melakukan penggalian di lokasi penemuan. Mereka menduga usia fosil itu sekitar 800 ribu berdasarkan kedalaman lapisan tanah.