USU Gelar Seleksi Mahasiswa Jalur Mandiri 2024 Diikuti 5.396 Peserta untuk 'Merebutkan' 2.891 Kursi

Rektor USU Prof Dr Muryanto Amin S Sos MSi meninjau SMM hari pertama di Kampus USU.
Sumber :
  • Dok USU

VIVA Medan - Universitas Sumatera Utara (USU) melaksanakan Seleksi Mahasiswa Mandiri (SMM) 2024, diikuti 5.396 peserta, dengan daya tampung disiapkan tahun akademik 2024/2025, sebanyak 2.891 kursi.

Prestasi Membanggakan, Mahasiswa UMSU Juara I Pekan Seni Mahasiswa Nasional 2024

Disela-sela peninjauan SMM tersebut, hari pertama, di Kampus USU Jalan Dr Mansyur, Kota Medan, Rabu 17 Juli 2024. Rektor USU Prof Dr Muryanto Amin S Sos M Si, jumlah peserta SMM di USU mengalami penurunan dibanding tahun lalu. 

Hal itu, dikatakan Muryanto dikarenakan kebijakan dari pusat yang tidak memperbolehkan peserta yang telah lolos jalur seleksi lain, ikut mendaftar di SMM. 

Kepala Humas USU Raih Penghargaan Kartini Humas Indonesia 2024

"Jika dibanding tahun lalu, memang ada penurunan. Tahun lalu, peserta kurang lebih 6.000-an. Penurunan itu, karena kebijakan yang tidak membolehkan peserta yang telah lolos SPMB, mendaftar di SMM," ucap Muryanto kepada wartawan.

Muryanto menambahkan, dari daya tampung yang tersedia itu, rinciannya yakni 2.692 (S1) 109 (D4) dan 90 (D3). Terkait pelaksanaan, Muryanto, menegaskan sejauh ini pelaksanaan ujian berlangsung aman. 

Hadiri Wisuda STT Paulus Medan, Edy Rahmayadi : Dedikasikan Diri untuk Bangsa dan Negara

Disinggung soal UKT, Muryanto menjelaskan, untuk besaran UKT peserta yang lolos SMM, sama dengan UKT yang reguler. Tetapi peserta yang lolos SMM membayar sumbangan pembangunan institusi (SPI).

Disinggung soal peserta dari negara luar, Muryanto mengatakan, untuk tahun ini kuota yang disediakan kurang lebih 100 orang. Sedangkan jadwal ujian mereka berbeda, tegas mantan Dekan Fisipol USU ini.

Halaman Selanjutnya
img_title