Monitoring Kebutuhan Pokok Jelang Lebaran, Satgas Pangan Sumut Pastikan Stok Aman dan Harga Stabil

Kadis Perindag ESDM Sumut, Mulyadi Simatupang.
Sumber :
  • Dok Pemprov Sumut

VIVA Medan - Dalam rangka mengecek dan memastikan stabilitas harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok di Sumut. Satuan Tugas (Satgas) Pangan Sumatera Utara melakukan monitoring sejumlah harga kebutuhan pokok di Pasar Petisah, Kota Medan, Selasa 2 April 2024.

Ijeck dan Bobby Nasution Bertemu di Jakarta Bahas Pilgub Sumut 2024, Ini Hasilnya

"Berdasar pantauan, sejumlah harga kebutuhan pokok masih stabil, stok kebutuhan pokok hingga menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah juga aman," ucap Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi, dan Sumber Daya Mineral (Disperindag ESDM) Sumut, Mulyadi Simatupang.

Mulyadi mengatakan, pantauan ke pasar menjelang Idul Fitri ini, untuk memastikan ketersediaan pasokan bahan pangan seperti beras, minyak goreng, bawang merah, daging ayam, daging sapi, bawang merah, dan kebutuhan pokok lainnya. 

Mengucap Bismillah, Musa Rajekshah : Saya Siap Maju Jadi Calon Gubernur Sumut

Pantauan harga pangan tersebut turut dihadiri Kepala Biro Perekonomian Setdaporvsu Poppy Marulita Hutagalung, Kepala Perum Bulog Sumut Arif Mandu, Kepala KPPU Kanwil I Medan Ridho Pamungkas, Dirut PD Pasar Medan Suwarno, Deputi Kepala Perwakilan BI Sumut Yura A Djalins, serta sejumlah OPD di jajaran Pemprov Sumut.

“Dari beberapa komoditi tadi, para pedagang menyampaikan stok kebutuhan pokok cukup. Sejumlah harga kebutuhan pokok pun normal, belum ada kenaikan. Hanya harga bawang merah yang naik, disebabkan distribusi dari daerah lain tidak masuk. Hal ini disebabkan banjir dan lainnya. Kita imbau kepada masyarakat tidak usah khawatir dan tergesa-gesa. Isu-isu ketersediaan pasokan kebutuhan pokok kurang itu tidak benar,” katanya.

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

Pedagang daging sapi (ilustrasi)

Photo :
  • istockphoto.com

Harga juga relatif stabil, seperti harga beras SPHP 5 kg seharga Rp57.000, cabai merah Rp42.000 per kg, daging ayam Rp32.000 per kg, daging sapi Rp130.000 per kg. Untuk itu, ia mengimbau kepada para pedagang agar tidak menaikkan harga terlalu tinggi. 

Halaman Selanjutnya
img_title