Pemilu 2024 di Sumut, Golkar Isi 14 Kursi Ketua dan 16 Kursi Wakil Ketua DPRD

Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto bersama Ketua DPD Golkar Sumut, Musa Rajekshah.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Partai Golkar pada Pemilu 2024 di Sumut, berhasil menjadi partai juara dengan meraih kursi di DPR RI 8 kursi, DPRD Sumut 22 kursi dan DPRD Kabupaten/Kota capai 208 kursi.

Golkar Target Pilkada Serentak 2024 Menang 60 Persen Seluruh Daerah, Ijeck: Perjuangan Belum Usai

Hal itu, diungkapkan oleh Ketua DPD Golkar Sumut, Musa Rajekshah dalam jumpa pers di Kantor DPD Golkar Sumut, di Jalan Jendral Sudirman, Kota Medan, Senin petang, 25 Maret 2024. Ia mengatakan kemenangan ini, tidak lepas kerja keras dari kader-kader partai berlambang pohon beringin itu.

Pria yang akrab disapa dengan Ijeck itu, juga mengucapkan terima kasih masyarakat Sumut memberikan hak suara dan dukungan kepada partai Golkar melalui Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024. Atas kemenangan tersebut, partai Golkar berhasil mengisi 14 kursi Ketua DPRD Kabupaten/Kota, 16 kursi Wakil Ketua DPRD Kabupaten/Kota di Sumut ini.

Mengucap Bismillah, Musa Rajekshah : Saya Siap Maju Jadi Calon Gubernur Sumut

"Alhamdulillah kemenangan kita di tingkat pusat, provinsi khususnya di Sumut sangat linier dengan kemenangan Golkar di tingkat Kabupaten/Kota juga. Untuk kursi Ketua DPRD kita berhasil menguasai di 14 kabupaten/kota di Sumut. Sementara untuk Wakil Ketua DPRD kita berhasil menguasai di 16 kabupaten/kota di Sumut," ucap Ijeck.

Ketua DPD Golkar Sumut, Musa Rajekshah.

Photo :
  • BS Putra/VIVA Medan
Sosok Pemimpin Semua Golongan, BKPRMI Sumut Dukung Ijeck Maju di Pilgub Sumut

Sementara fraksi ada 4 Kabupaten yakni Kabupaten Karo, Samosir, Batubara dan Nias Utara. Jika dibandingkan tahun 2019, posisi ketua DPRD di kabupaten/kota di Sumut hanya 13. Sementara wakil ketua 14. Fraksi di 5 kabupaten/kota dan gabungan di 2 Kabupaten/Kota.

Ijeck menjelaskan secara keseluruhan jumlah kursi di DPRD kabupaten/kota yang ada di Sumut juga mengalami kenaikan. Pada Pemilu 2024, total kursi yang berhasil diraih caleg-caleg Golkar di 33 kabupaten/kota yakni 208 kursi. Melihat data tersebut, Ijeck mengungkapkan bahwa jumlah ini meningkat begitu pesat jika dibandingkan pada Pemilu 2019 lalu hanya meraih 184 kursi.

Halaman Selanjutnya
img_title