Miliki Riwayat Asam Urat, Pria Paruh Baya Tewas Usai Berenang di Danau Toba

Tim SAR evakuasi korban tewas tenggelam di Danau Toba.
Sumber :
  • Dok SAR Parapat

VIVA Medan - Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi Robin Simanjorang (56), dalam keadaan meninggal dunia di Danau Toba, di Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, Kamis siang, 7 Maret 2024.

Bank Sumut Promosikan Pariwisata Danau Toba Melalui Pertemuan BPD se-Indonesia

Berdasarkan informasi dihimpun, berawal Robin berenang di perairan Danau Toba untuk mengambil drum yang berada di lokasi kejadian, Selasa 5 Maret 2024. Pria paruh baya ini, keterangan warga sekitar memiliki riwayat asam urat.

Diduga saat berenang di danau terbesar di Asia Tenggara itu, kumat dan kambuh. Sehingga menyebabkan kaki korban kram, dan tidak sanggup berenang ke tepi hingga korban tenggelam. Warga sekitar mengetahui kejadian tersebut, melaporkan tenggelamnya korban yang tercatat warga Jalan Lae Tanggiang Desa Paropo Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi kepada pemerintah setempat.

Mendagri Tunjuk Charles Surung Jabat Pj Bupati Dairi, Pelantikan Dalam Waktu Dekat

Selanjutnya, dilakukan pencarian pada hari itu juga. Namun, tak kunjung ditemukan hingga akhirnya kejadian tersebut dilaporkan ke Pos SAR Parapat Danau Toba di Kabupaten Simalungun.

Koordinator Pos SAR Parapat Danau Toba Hisar Turnip, mengungkapkan bahwa pihaknya, menurunkan satu tim berjumlah 6 petugas, melakukan pencarian sejak dilaporkan warga kepada pihak SAR.

Masa Jabatan Bupati Bupati Berakhir 23 April 2024, DPRD Usulkan 3 Calon Pj Bupati

"Kita turun, untuk melakukan pencarian terhadap seorang pria paruh baya yang tenggelam di Danau Toba saat berenang," ucap Hisar, Kamis 7 Maret 2024.

Dalam pencarian korban, Hisar menjelaskan pihaknya, membawa peralatan water rescue seperti alat selam dan Aqua Eyes, pencarian dimulai sejak pagi tadi dengan melakukan penyelaman dan pencarian dengan menggunakan alat pendeteksi sonar dibawah air atau Aqua Eyes dari Pos SAR Parapat Danau Toba.

Halaman Selanjutnya
img_title