Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Pj Gubsu Beberkan 4 Strategi Pengembangan Potensi Daerah

Pj Gubernur Sumut, Hassanudin hadiri Pra Musrenbang Zona Pantai Barat.
Sumber :
  • Dok Pemprov Sumut

VIVA Medan - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara, mengusung empat strategi pengembangan potensi daerah Zona Pantai Barat, di wilayah Sumut ini. Hal tersebut, bertujuan dalam peningkatan secara maksimal kesejahteraan masyarakat.

Lantik Pj Bupati Dairi, Pj Gubsu Berpesan Antisipasi Gejolak Politik di Pilkada 2024

Hal itu, diungkapkan Penjabat (Pj) Gubernur Sumut, Hassanudin saat pembukaan Pra Musrenbang Zona Pantai Barat di Hotel Sapadia, Kabupaten Padanglawas Utara (Paluta), Rabu 31 Januari 2024.

“Pertama, meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), kedua, merevitalisasi sarana dan prasarana produksi yang lebih modern, ketiga, memperkuat kelembagaan ekonomi, dan keempat, peningkatan infrastruktur yang mendukung perekonomian,” kata Hassanudin, 

Pj Gubernur Sumut Optimis Timnas Indonesia Melaju ke Final Piala Asia U-23

Lebih lanjut, Hassanudin memaparkan, berbagai potensi Zona Pantai Barat yang menyumbang produktivitas berbagai sektor Sumut. Di antaranya, sektor perkebunan karet, yang merupakan penyumbang produksi perkebunan rakyat Sumut tertinggi dari Zona Barat yaitu 44%. Disusul perikanan sebesar 28,70%, peternakan sapi sebesar 11,32%.

Pj Gubernur Sumut, Hassanudin.

Photo :
  • Dok Pemprov Sumut
Pj Gubsu Ingatkan Pj Bupati Deliserdang dan Taput Jaga Netralitas Jelang Pilkada 2024

Potensi tersebut, menurutnya, mesti menjadi kekuatan khas yang bisa dikembangkan lebih lanjut. Untuk itu, perencanaan daerah harus mampu menganalisa potensi, kelemahan dan peluang apa saja yang bisa dilakukan. 

“Melalui perencanaan ini, peningkatan perekonomian dapat didorong, kesenjangan pun dapat dihimpit, itulah tugas kita sebagai pejabat yang melaksanakan pembangunan,” kata Hassanudin.

Halaman Selanjutnya
img_title