Jelang 14 Februari 2024, Ijeck Ingatkan Masyarakat Bijak Bermedia Sosial dan Cegah Hoaks

Ketua DPD Golkar Sumut, Musa Rajekshah.
Sumber :
  • BS Putra/VIVA Medan

VIVA Medan - Ketua DPD Golkar Sumut, sekaligus Calon Legislatif (Caleg) DPR RI Dapil Sumut 1 dari Partai Golkar Musa Rajekshah (Ijeck), mengimbau masyarakat untuk menyaring informasi dengan lebih bijak lagi mengingat pelaksanaan pesta demokrasi 2024 yang sudah di depan mata.

Penjaringan Bacalon Kepala Daerah, Sekretaris Golkar Sumut: Tidak Ada Mahar

Menurutnya, informasi yang tidak benar atau hoaks dapat membahayakan proses penyelenggaraan pemilu, hingga mampu merusak kerukunan masyarakat yang mengarah ke disintegrasi bangsa.

“Masyarakat harus memahami bahwa hoaks berbahaya bagi masa depan bangsa kita. Masyarakat harus memiliki kemampuan memilah dan memilih mana berita yang benar dan mana yang keliru, jangan lantas mengeshare ulang. Kita tak ingin negeri ini larut dalam bencana informasi akibat hoaks,” ujar Ijeck.

Bawa Golkar Menang Pemilu 2024 di Sumut, Ijeck Lebih Layak Diusung di Pilgub

Selain membahayakan keutuhan bangsa ini, menyebarkan berita hoaks atau belum pasti kejelasannya, lanjut Ijeck masyarakat bisa terkena pasal UU ITE.

“Ingat, ada undang-undang yang mengatur kita dalam menggunakan internet. Jangan asalposting, cari kebenaran informasinya dahulu. Undang-undang ITE dapat menjerat siapa saja yang tidak benar dalam menggunakan media sosial,” ujar Ijeck mengingatkan.

Pertemuan dengan Airlangga Hartarto, Golkar Sumut Pastikan Belum Ada Penetapan Calon Kepala Daerah

Ia juga berharap perusahaan penyedia jejaring sosial turut dalam mengampanyekan atau mengedukasi bagaimana menggunakan media sosial secara positif. Perusahaan juga harus mampu memahami konteks konten di setiap daerah.

“Bisa melibatkan komunitas di masing-masing daerah untuk memahami konteks suatu konten apakah melanggar aturan atau norma lokal yang ada,” harap Ijeck.