Sepekan Berlalu, Operasi Pencarian 10 Korban Longsor di Humbahas Diperpanjang 3 Hari

Tim Basarnas melakukan pencarian korban longsor dan banjir bandang di Humbahas.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Tim Sar gabungan memutuskan untuk memperpanjang operasi pencarian 10 korban yang dinyatakan hilang belum ditemukan, dalam peristiwa bencana banjir bandang dan longsor yang menerjang Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas).

Tertutup Material Longsor, Jalan Alternatif Langkat-Karo Tak Bisa Dilalui

Kepala Kantor Basarnas Medan, Budiono, mengungkapkan perpanjang operasi pencarian korban ini, berlangsung selama tiga hari, sejak Sabtu 9 hingga 11 Desember 2023. Kemudian, akan dilakukan evaluasi oleh seluruh tim SAR gabungan.

"Berdasarkan hasil evaluasi pencarian mulai dari hari pertama hingga hari ketujuh dan sesuai permintaan dari pihak keluarga dan pemerintah Kabupaten Humbahas. Makanya, disepakati pencarian dilanjutkan tiga hari kedepan, dengan harapan semoga pencarian yang dilakukan semaksimal mungkin. Tiga hari kedepan bisa membuahkan hasil dengan ditemukan nya korban," kata Budiono, Sabtu 9 Desember 2023.

Polisi Gagalkan Penyelundupan Puluhan PMI Ilegal di Perairan Sumut Saat Menuju Malaysia

Tim Basarnas dikerahkan melakukan operasi pencarian korban longsor dan banjir bandang di Humbahas.

Photo :
  • Istimewa/VIVA Medan

Sebelumnya, Tim SAR gabungan telah melaksanakan pencarian selama 7 hari sejak Sabtu 2 Desember 2023. Lanjut, Budiono menjelaskan pencarian tetap dibagi menjadi 3 sektor, yakni sektor I melakukan pencarian di perairan Danau Toba, dengan cara penyelaman dari Personel Basarnas Spesial Group (BSG).

Banjir Bandang Terjang Pemandian Teroh-teroh Langkat, 1 Tewas dan 6 Luka-luka

"Kemudian, melakukan penyisiran di permukaan air menggunakan RIB dan perahu LCR, kemudian dilakukan pembersihan sampah dan penarikan pohon yang berada di Danau Toba," kata Budiono.

Sektor II dilakukan pembersihan material yang berada di dalam gereja dan sekolah kemudian pemindahan material dari selokan yang berada di depan hotel menggunakan excavator, dan Sektor III pencarian masih dilakukan menggunakan excavator yang difokuskan pada runtuhan rumah dan mess karyawan Hotel Senior.

Halaman Selanjutnya
img_title