Penyelam Dikerahkan ke Danau Toba Cari 10 Korban Banjir Bandang dan Longsor di Humbahas

Tim SAR gabungan bersiap melakukan penyelaman di Danau Toba mencari korban hilang longsor dan banjir bandang di Humbahas.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Tim SAR gabungan memperluas pencarian 10 korban banjir bandang dan longsor di Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara.

Tertutup Material Longsor, Jalan Alternatif Langkat-Karo Tak Bisa Dilalui

Di hari keempat pencarian 10 korban yang masih hilang ini, Selasa 5 Desember 2023. Dimana, skema melalui darat di sekitar lokasi bencana alam itu, di permukaan air hingga melakukan penyelaman ke Danau Toba, yang tidak jauh dari tempat longsor tersebut.

Kepala Kantor Basarnas Medan, Budiono, mengungakapkan dalam proses pencarian korban ini, dengan melibatkan 535 personil SAR gabungan dengan dibagi tiga kelompok SAR Rescue Unit (SRU).

Bank Sumut Promosikan Pariwisata Danau Toba Melalui Pertemuan BPD se-Indonesia

Budiono menjelaskan untuk SRU I melakukan pencarian di permukaan air menggunakan perahu LCR dan Aqua Eye untuk mendeteksi keberadaan korban di dalam air di sekitar Danau Toba, tidak jauh dari lokasi bencana alam.

"Sekaligus dilakukan penyelaman oleh tim Basarnas Spesial Group (BSG)," ucap Budiono kepada wartawan.

Banjir Bandang Terjang Pemandian Teroh-teroh Langkat, 1 Tewas dan 6 Luka-luka

Tim SAR gabungan bersiap melakukan pencarian korban longsor dan banjir bandang di Humbahas.

Photo :
  • Istimewa/VIVA Medan

Kemudian, SRU II melakukan pencarian menggunakan alat berat excavator dan didampingi tim scouting darat di area batas jalan menuju tepi Danau Toba.

Halaman Selanjutnya
img_title