Cegah Bencana Alam, Pj Gubernur Sumut Dorong Pelestarian Lingkungan di Danau Toba

Pj Gubernur Sumut, Hassanudin.
Sumber :
  • BS Putra/VIVA Medan

VIVA Medan - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara, Hassanudin mendorong pelestarian lingkungan di kawasan Danau Toba. Hal itu, mencegah terjadi bencana alam, banjir bandang dan longsor terjadi di Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas).

Xtrim Medan Gelar Event MAX-5, Ratusan Crosser Tanah Air akan Hadir

Hal itu, diungkapkan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sumut, Hassanudin menjawab pertanyaan wartawan terkait pelestarian lingkungan di kawasan Danau Toba. Ia menilai keindahan alam dan lingkungan danau terbesar Asia Tenggara itu, harus tetap dijaga dengan baik.

"Betul sekali (harus ada pelestarian lingkungan). Jadi kita, memandang sesuatu itu harus secara holistik tidak hanya asas pemanfaatannya saja," sebut Hassanudin, di Kantor Gubernur Sumut, Kota Medan, Senin 4 Desember 2023.

Musrenbang RPJPD, Pj Gubernur Sumut Paparkan Visi Misi Pembangunan 2025-2045

Disisi lain, Hassanudin mengungkapkan Pemprov Sumut akan lakukan secara konprehenshif pelestarian lingkungan dan akan melibatkan semua pihak. Karena, pembangunan infrastruktur harus seiring dengan menjaga alam Danau Toba, untuk mencegah terjadinya kembali bencana alam.

"Ini untuk mengantisipasi hal hal seperti ini (bencana alam), termasuk dampak lingkungan. Saya juga sudah berkeliling dan meliahat air terjun, sedangkan ini misalnya Kabupaten Dairi diatas dibawahnya Samosir, sangat indah dan harus dijaga," ujar Hassanudin.

PSAWI Sumut Target 3 Emas PON 2024, Sempat Kesulitan Cari Atlet hingga Disangka Penculik

Pj Gubernur Sumut, Hassanudin (jekat kuning) bersama Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi (jaket hijau) meninjau proses pencarian korban longsor dan banjir bandang di Humbahas.

Photo :
  • Dok Polda Sumut

Hassanudin menambahkan pihaknya akan mendorong rancangan Peraturan Daerah (Perda) tentang pelestarian lingkungan di kawasan Danau Toba. Kalau tidak diatur, keindahan alam Danau Toba akan hancur kedepannya.

Halaman Selanjutnya
img_title