Visi 'Sumut Hebat' Pj Gubsu Hassanudin Dipertanyakan, Pengamat: Atas dasar apa

Baliho Pj Gubernur Sumut, Hassanudin dengan tulisan 'Sumut Hebat'.
Sumber :
  • BS Putra/VIVA Medan

VIVA Medan - Dua bulan menjabat Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin sudah membuat visi baru 'Sumut Hebat' dengan singkatan dari Harmonis, Efektif, Bersama, Akuntabilitas, Transparan. Visi baru itu, dipertanyakan apa dasar hukumnya, dibuat mantan Pangdam I Bukit Barisan itu.

Peluncuran Tahapan Pilkada Sumut 2024, Pj Gubernur Sumut Dorong Peningkatan Partisipasi Pemilih

Sedangkan, hingga akhir Desember 2023 ini, Hassanudin ini masih mengelola anggaran atau APBD dari Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah (Eramas) dengan visi 'Sumut Bermartabat'.

Pengamat Kebijakan Publik Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) Rafriandi SE. MT, mempertanyakan dasar hukum, visi 'Sumut Hebat' tersebut, digaungkan oleh Pj Gubernur Sumut itu.

Jalan Alternatif Langkat-Karo Longsor, Sisakan 1 Meter yang Bisa Dilalui Pengendara

"Bahwa jabatan Pj Gubernur Sumut itu, merupakan instruksi (ditunjuk) dari Presiden, bukan dari hasil Pilkada. Sehingga tidak ada nomenklatur bagi Pj Gubernur mengubah visi yang sudah ditetapkan," kata Rafriandi kepada wartawan, Senin 6 November 2023.

Rafriandi mengungkapkan dari membuat visi baru 'Sumut Hebat', lebih disarankan menggunakan visi Presiden RI, Joko Widodo 'Indonesia Maju', bisa menjadi 'Sumut Maju'. Karena, tugas Pj Gubernur Sumut hanya mengisi kekosongan kepala daerah sampai terpilih pada Pilkada 2024.

Siap Laksanakan Peparnas 2024, Pj Gubernur Sumut : Kita Senang Jadi Tuan Rumah

Kemudian, tugas Pj Gubernur Sumut, melanjutkan program Gubernur Sumut, sebelumnya. Bukan malah membuat visi sendiri-sendiri. Terkesan Hasannudin, pimpinan tertinggi Pemprov Sumut, hasil Pilkada atau dipilih rakyat.

“Dan ini, perlu DPRD Sumut mengkritisi, jangan pulak nanti muncul anggarannya, untuk Sumut Hebat, visi itu harus di putuskan jadi Perda, Kalau jadi perda itu kan produk hukum DPRD, Gak bisa Sumut Hebat itu dijadikan tagline oleh Pemprov Sumut,” jelas Rafriandi.

Halaman Selanjutnya
img_title