Optimis Dairi Jadi Lumbung Pangan, Pj Gubsu: Kembangkan Pertanian Lebih Modern

Pj Gubernur Sumut, Hassanudin buka Pesta Njuah-Njuah di Dairi.
Sumber :
  • Dok Pemprov Sumut

VIVA Medan - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara, optimis Kabupaten Dairi bisa menjadi lumbung pangan, dengan mengembangkan program 3F yakni Fruit, Flower, dan Food. Apalagi, Dairi merupakan daerah pertanian yang sangat dekat dengan alam.

Mobil Terseret Arus Sungai Lau Kemiri di Karo, Satu Orang Ditemukan Tewas

Hal itu, disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur Sumut, Hassanudin pada acara Pesta Budaya Njuahnjuah yang diselenggarakan di Stadion Utama Panji, Sidikalang, Kabupaten Dairi, Kamis 2 November 2023.

"Karena itu, menjaga dan mengelola alam sekitar menjadi ikhtiar, yang terus kita upayakan, agar alam dapat memberikan kebaikan bagi kehidupan," ucap Hassanudin.

Pemprov Sumut Jaga Pergerakan Komoditas Pangan

Dengan mengenakan busana adat Pakpak, Hassanudin mengatakan dari pertunjukan yang ditampilkan semua kontingen, Dairi memiliki potensi buah-buahan (Fruit) yang sangat besar. Jenis buahnya seperti durian, jeruk siam, pisang, mangga, dan alpukat, yang semuanya bernilai ekonomi tinggi.

Menurutnya ini sangat prospek untuk terus dikembangkan. Kemudian F yang kedua atau Flower, kata Hassanudin yang hadir bersama Pj Ketua TP PKK Sumut Dessy Hassanudin, sangat banyak diminati pasar, seperti di hotel-hotel maupun untuk diekspor.

Ditaklukkan Uzbekistan, Pj Gubernur Sumut Mengaku Bangga Prestasi Garuda Muda

"F yang ketiga adalah food. Semua tanaman pangan khususnya hortikultura seperti cabai, kubis, bawang, kentang, tomat, produksinya melimpah di Dairi, dan mampu untuk dijual ke daerah lain, bahkan bisa memenuhi ekspor," kata Hassanudin, di hadapan Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu, OPD terkait, dan seluruh masyarakat Dairi, yang hadir saat itu.

Pj Gubernur Sumut, Hassanudin buka Pesta Njuah-Njuah di Dairi.

Photo :
  • Dok Pemprov Sumut
Halaman Selanjutnya
img_title