Pj Gubsu Lepas Ulos 1.000 Meter untuk Dibentangkan di Monas: Kenalkan Danau Toba Pada Masyarakat

Pj Gubernur Sumut, Hassanudin melepas pemberangkatan kain ulos sepanjang 1.000 meter di Rumah Dinas Gubernur Sumut.
Sumber :
  • Pemprov Sumut

VIVA Medan - Ulos sepanjang 1.000 meter dijadwalkan akan dibentangkan di Monumen Nasional (Monas) Jakarta. Dengan harapan, Pemerintah Indonesia dapat menetapkan Hari Ulos Nasional yang diperingati setiap tanggal 17 Oktober, dapat terwujud. 

Mobil Terseret Arus Sungai Lau Kemiri di Karo, Satu Orang Ditemukan Tewas

Atas hal itu, Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin melepas pemberangkatan ulos sepanjang 1.000 meter di Pelataran Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Medan, Rabu 25 Oktober 2023.

“Kita mendorong Hari Ulos Nasional agar bisa ditetapkan pemerintah pusat. Sehingga menjadi warisan budaya nasional bahkan milik dunia,” kata Hassanudin.

Pemprov Sumut Jaga Pergerakan Komoditas Pangan

Selain itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut juga sangat mendukung kegiatan pembentangan ulos tersebut di Monas. Menurut Hassanudin, kegiatan tersebut dapat mengenalkan ulos pada masyarakat yang lebih luas. 

“Mudah-mudahan ini juga bisa mengenalkan ulos pada masyarakat yang lebih luas, juga sekaligus mengenalkan Danau Toba pada masyarakat,” kata Hassanudin.

Ditaklukkan Uzbekistan, Pj Gubernur Sumut Mengaku Bangga Prestasi Garuda Muda

Pemprov Sumut juga terus berupaya mengangkat budaya Sumut melalui berbagai program. Pelestarian budaya mesti dilakukan agar tidak hilang dan dapat diteruskan pada generasi-generasi berikutnya. 

“Pemprov senantiasa memprogramkan kegiatan yang mengangkat atau pelestarian budaya di Sumut, budaya ini kalau bukan kita yang melestarikan siapa lagi, melestarikan budaya ini untuk genersai-generasi kita ke depan,” kata Hassanudin. 

Halaman Selanjutnya
img_title