KPPU : 5 Tahun Kepemimpinan Edy-Ijeck Indeks Persaingan Usaha Terus Meningkat di Sumut

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi.
Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi.
Sumber :
  • BS Putra/VIVA Medan

VIVA Medan - Lima tahun masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah. Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) menilai indeks persaingan usaha di Sumut mengalami peningkatan cukup baik.

Hal itu, diungkapkan oleh Kepala Kanwil I KPPU, Ridho Pamungkas. Ia pun, mengapresiasi kerja keras pasangan Edy dan Ijeck dalam mendukung terciptanya iklim persaingan usaha yang lebih baik selama periode memimpin Sumut sejak 2018.

"Untuk menilai iklim persaingan usaha di suatu daerah, KPPU bekerjasama dengan UNPAD mengukur Indeks Persaingan Usaha," kata Ridho, dalam keterangan tertulis diterima VIVA, Selasa 5 September 2023.

Ridho menjelaskan bahwa indeks ini merupakan satu-satunya indikator persaingan usaha yang mencakup seluruh provinsi di Indonesia dan 15 sektor ekonomi. 

"Indeks tersebut diukur melalui survei terhadap 34 provinsi dengan responden yang mewakili berbagai institusi seperti Kamar Dagang dan Industri, akademisi, Bank Indonesia, dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi," ucap Ridho.

Ridho mengungkapkan persaingan usaha, menjadi salah satu instrumen pengendalian inflasi. Dengan cara meningkatkan daya beli masyarakat melalui peningkatan kesejahteraan, dan mencegah perilaku pelaku usaha melakukan praktik monopoli dengan menaikkan harga di atas kewajaran. 

”Selama masa kepemimpinan Bapak Edy Rahmayadi sebagai Gubsu, secara umum, iklim persaingan usaha di Sumatera Utara selalu mengalami kenaikan skor dan peringkat,” kata Ridho.

Halaman Selanjutnya
img_title