Penerbangan Chennai-Kualanamu, Pontensi Besar Datangkan Wisman India ke Indonesia

Deputi Kebijakan Strategis Kemenparekraf, Nia Niscaya.
Sumber :
  • BS Putra/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Bandara Kualanamu Internasional Airport, Kabupaten Deli, Sumatera Utara kini melayani penerbangan langsung Kualanamu (KNO)-Chennai (MAA) dan sebaliknya, Chennai (MAA)-Kualanamu (KNO).

Bank Sumut Promosikan Pariwisata Danau Toba Melalui Pertemuan BPD se-Indonesia

Hal tersebut, memiliki potensi datangkan Wisatawan Mancanegara (Wisman) asal India ke Indonesia, terutama ke Sumut. Yang memiliki destinasi terbaik, yakni Danau Toba, Nias dan Bahorok di Kabupaten Langkat.

“Bagi Kemenparekraf ini adalah mendorong soal konektivitas, karena salah satu untuk mendatangkan wisatawan mancanegara itu adalah soal aksesbilitas,” ucap Deputi Kebijakan Strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Nia Niscaya, di Bandara Kualanamu, Sabtu 12 Agustus 2023.

Disbudparekraf Sumut akan Gelar Pameran Budaya dan Wisata di Bandara Soekarno-Hatta

Nia mengatakan layanan penerbangan tersebut, sudah berinisiatif mendorong program pemerintah untuk mendatangkan wisatawan mancanegara (wisman) dengan direct flight dari Chennai ke Kualanamu dilakukan oleh maskapai Batik Air.

“Tapi, India jauh lebih tinggi pertumbuhannya walaupun jumlah belum. Padahal, tidak ada penerbangan, mereka rata-rata terbang lewat Malaysia, Singapura, dan Thailand,” jelas Nia.

Kejuaraan Golf Internasional, Pj Gubernur Sumut Optimis Jadi Ajang Pembinaan Atlet

Bicara soal pasar India, Nia mengungkapkan, persoalan yang selama ini dihadapi adalah direction. Ketika sebelum pandemi Covid-19, ada 2 negara yang pertumbuhannya sangat besar, yaitu India dan China.

“Nah, dengan adanya penerbangan langsung ini, Kemenparekraf sangat menyambut baik kepada semua pihak. Ini memudahkan, satu persoalan selesai, ada direct flight dan penerbangannya tidak terlalu lama,” lanjut wanita berkacamata itu.

Halaman Selanjutnya
img_title