Istri Gubernur Sumut Nawal Lubis Dorong Ibu-Ibu Jadi Agen Edukasi di Lingkungannya

Ketua YKI Sumut, Nawal Lubis.
Sumber :
  • Istimewa/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Sumatra Utara (Sumut) Nawal Lubis mendorong para ibu rumah tangga jadi agen edukasi pencegahan kanker. Ibu rumah tangga, menurutnya harus punya kepedulian tinggi dengan kesehatan keluarganya.

Pemprov Sumut Catatkan Realisasi Pendapatan Daerah Capai Rp12,7 Triliun

Data dari Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, tahun 2023 terdapat 3.206 penderita kanker di Sumut. Diantaranya 393 orang penderita kanker payudara, disusul leukimia 313 orang, kanker paru 293 orang, kanker kalenjar getah bening 238 orang dan lainnya.

"Perempuan sangat rentan terkena kanker, jadi ibu-ibu harus peduli dengan diri sendiri dulu, kemudian keluarga, kemudian menjadi agen-agen edukasi di lingkungannya masing-masing," kata Nawal Lubis pada acara Sosialisasi Kesehatan Pencegahan Penyakit Kanker kepada Aisiyah Kota Sibolga di Graha Aulia Perwakilan Bank Indonesia Sibolga, Jalan Kapten Marulin Sitorus Nomor 8, Kota Sibolga, dalam keterangan tertulis, Rabu 2 Agustus 2023.

Yayasan Mahija Parahita Nusantara dan Frestea Salurkan Bantuan Kepada Pahlawan Daur Ulang di Medan

Nawal Lubis mengatakan, kehidupan akan berubah drastis bila ada yang menderita kanker. Waktu akan banyak tersita untuk merawat anggota keluarga yang menderita kanker.

Sementara itu, Ketua Aisiyah Kota Sibolga Nelly Afifi Lubis berharap ilmu yang disampaikan disebarkan kepada masyarakat luas. Dia juga mengingatkan agar bisa lebih dini mengenali kanker agar bisa ditangani lebih baik.

Buka Puasa Bersama di UMSU, Ini Pesan Ketua PP Muhammadiyah

"Ilmu yang disampaikan tentu sangat berguna, sebarkan ke suluruh masyarakat dan bisa mengenali kanker lebih dini agar bisa lebih mudah untuk sembuh," kata Nelly Afifi Lubis.

Hadir Ketua YKI Sibolga Farida Jamaluddin Pohan dan Wakil Ketua YKI Sibolga Lumsedia Pantas Lumbantobing. Serta tokoh-tokoh Aisiyah, tokoh masyarakat serta OPD terkait Pemprov Sumut.