Bursa CPO Indonesia Takut ke MDEX, Petani Sawit : Merdeka

Ilustrasi buah sawit.
Sumber :
  • Istimewa/Facebook

VIVA Medan - Keberlangsungan petani sawit akan terancam atas batal tayangnya bursa CPO Indonesia bulan Juli dan diganti dengan kolaborasi dengan Malaysia. Padahal sebelumnya, Menteri Perdagangan (Kemendag) Zulkifli Hasan berkali-kali menyebut bursa sawit atau crude palm oil (CPO) akan segera diselesaikan secepatnya, bulan Juni paling lama bulan Juli tahun ini.

Sah! Prabowo-Gibran Presiden dan Wakil Presiden RI Terpilih 2024-2029

Pernyataan Mendag Zulkifli Hasan itu menegaskan, hal tersebut dilakukan agar Indonesia tidak perlu berpatokan kepada Bursa Malaysia dan Roterrdam, Belanda lagi. Sebelumnya pun Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan sudah beberapa kali menyindir, kenapa Indonesia yang notabene-nya adalah raja sawit malah mengikuti Belanda dan Malaysia. 

Menteri Perdagangan (Kemendag) Zulkifli Hasan berkali-kali menyebut bursa sawit atau crude palm oil (CPO) akan segera diselesaikan secepatnya, bulan Juni paling lama bulan Juli tahun ini, agar Indonesia tidak perlu berpatokan kepada Bursa Malaysia dan Roterrdam, Belanda lagi.

Bendungan Lau Simeme di Deliserdang Ditargetkan Selesai Juni 2024

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan sudah beberapa kali menyindir, kenapa Indonesia yang notabene-nya adalah raja sawit malah mengikuti Belanda dan Malaysia.

"Bayangkan saja diberita-berita sebelumnya begitu berapi-apinya Mendag dan Kepala Bappebti mengatakan kita tidak mau terus mengekor ke Malaysia dan Roterdam dan itu perintah Presiden. Tiba-tiba menjelang habis masa bulan Juli seperti janjinya, langsung berubah mengatakan akan berkolaborasi dengan Malaysia karena takut bersaing," ungkap Ketua Umum DPP APKASINDO (Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia), Dr. Gulat ME Manurung, MP,C.IMA, dalam keterangannya menanggapi pernyataan Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Didid Noordiatmoko, Senin 31 Juli 2023.

Dissenting Opinion, Hakim MK Saldi Isra Dukung Pemungutan Suara Ulang Pilpres 2024

Sebelumnya, Kepala Bappebti, Didid Noordiatmoko mengatakan Bursa komoditas Crude Palm Oil (CPO) Indonesia akan bekerjasama dengan Malaysia Derivatives Exchange (MDEX).

“Kita akan mati jika mencoba bersaing dengan Malaysia Derivatives Exchange (MDEX)” sebut Didid Noordiatmoko dalam acara jalan santai yang diselenggarakan Bappebti bersama Jajaran Kementerian Perdagangan, Minggu 30 Juli 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title