Limbah Hasil Pembuangan, PT Tanimas Soap Industries Klaim Sesuai Prosedur

PT Tanimas Soap Industries.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - PT Tanimas Soap Industries mengatakan bahwa terkait pihaknya yang mencemari lingkungan dari hasil limbah mereka di permukiman warga di Desa Sigarang-garang, Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deliserdang, Sumatra Utara (Sumut) tidak benar. 

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

Sebab, limbah mereka telah diatur berdasarkan dalam dokumen lingkungan hidup (UKL/UPL) dan pemantauan tetap dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Deliserdang secara rutin.

Manager Legal PT Tanimas Soap Industries, Robin Hakim Simanjuntak mengatakan bahwa terkait dengan adanya pengaduan dari seseorang yang bernama M. Rangga Budiantara atas pencemaran lingkungan yang dilakukan oleh PT. Tanimas Soap Industries, berlokasi di Patumbak adalah tidak benar.

Khofifah Serahkan SK Ketua IKA Unair Wilayah Sumut Kepada Bakhrul Khair Amal

"Jika pabrik PT Tanimas Soap Industries melakukan pencemaran lingkungan, sebab pengelolaan limbah di pabrik kami, dilakukan secara baik sebagaimana yang telah diatur dalam dokumen lingkungan hidup (UKL/UPL) dan pemantauan tetap dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Deli Serdang secara rutin sebagaimana ketentuan yang berlaku," kata Robin melalui klarifikasi tertulis yang diterima VIVA Medan, Selasa 4 Juli 2023.

Robin menjelaskan bahwa permasalahan dengan M. Rangga Budiantara pada dasarnya dilatarbelakangi oleh permintaan agar dibelinya tanah oleh PT Tanimas yang diklaim miliknya berjarak lebih kurang 700 meter dari lokasi pabrik dengan harga di atas harga pasar, (Rp700.000/meter2), namun karena tidak adanya kesesuaian harga (ditawarkan Rp350.000/meter2 oleh PT. Tanimas).

Viral Emak-emak di Taput Dituduh Mencuri Kentang Padahal Cuma Pegang, Begini Kronologinya

"Maka pihak M. Rangga Budiantara justru menuduh perusahaan telah melakukan pencemaran lingkungan, yang patut diduga tentunya hal ini merupakan bahagian dari rencana yang 'tidak baik' dari M. Rangga Budiantara," jelas Robin.

Pihak PT Tanimas Soap Industries juga menyampaikan bahwa jikalau sesungguhnya tanah yang dimiliki oleh M. Rangga Budiantara, merupakan tanah milik keluarga Van Cuson Sianturi, walaupun pihak M. Rangga Budiantara memiliki Sertifikat Hak tanah.

Halaman Selanjutnya
img_title