Perdana, KAI Sumut Layani Pengangkutan 332 Calon Jamaah Haji Asal Labuhanbatu

KAI Sumut perdana melayani calon jamaah haji asal Labuhanbatu.
Sumber :
  • Dok KAI Sumut

VIVA Medan - Perdana, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional I Sumatera Utara, menyediakan layanan Kereta Api Luar Biasa (KLB), dengan mengangkut rombongan calon jamaah haji asal Kabupaten Labuhanbatu, realisasi dari Stasiun Rantauprapat tujuan Medan.

Pertamina Sumbagut Jamin Ketersediaan Avtur Cukup dan Aman Selama Penerbangan Haji

Rombongan calon jamaah haji ini, sebanyak 332 orang diangkut menggunakan kereta dan tiba di Stasiun Medan, Rabu siang, 31 Mei 2023, sekitar pukul 12.30 WIB. Kemudian, menggunakan bus diantar ke Asrama Haji, di Jalan Jenderal AH Nasution, Kota Medan.

Vice President PT KAI Divre I Sumut, Mohamad Arie Fathurrochman, menjelaskan KLB rombongan VVIP calon jemaah Haji Kabupaten Labuhanbatu tersebut, membawa 8 kereta kelas eksekutif dengan total kapasitas 400 penumpang.

KAI Sumut Lakukan Penyesuaian Sementara Alur Layanan Penumpang di Stasiun Medan

"Hari ini, KAI Divre I Sumut melayani rombongan VVIP Jemaah Haji Kabupaten Labuhanbatu. Keberangkatan Rombongan Haji dengan menggunakan kereta api ini adalah perdana dilakukan, dan rombongan jamaah Haji Kabupaten Labuhanbatu ini merupakan yang pertama kali dalam sejarah perkeretaapian di Indonesia," kata Arie kepada wartawan.

Sebagai penumpang VVIP yang menggunakan KLB, rombongan jamaah Haji Kabupaten Labuhanbatu ini mendapat layanan antara lain sarapan, makan siang, snack buah dan souvenir dalam perjalanannya.

Kasus Suap Bupati Labuhanbatu, KPK Sita Pabrik Sawit dan Bangunan Diduga Kantor NasDem Milik Erik

Calon jamaah haji asal Labuhanbatu yang dibawa kereta api ini sejarah pertama perkeretaapian.

Photo :
  • Dok KAI Sumut

Arie mengatakan, jika masyarakat di wilayah Sumatera Utara ingin melakukan perjalanan kereta api yang ekslusif dengan menyewa KLB, dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, atau whatsaap Unit Angkutan Penumpang Divre I Sumut di nomor 0811-2021-0011.

Calon pelanggan selanjutnya mengajukan surat permohonan angkutan rombongan yang berisi jumlah penumpang, relasi, dan jadwal perjalanan. Setelah itu, KAI akan mengecek ketersediaan rangkaian dan membuat penawaran tarif.

Jika telah terjadi kesepakatan, lalu dibuatkan berita acara kesepakatan. Pada berita acara kesepakatan ini, ada DP (uang muka) yang harus dibayar. Kalau DP sudah dibayarkan, KAI akan menyiapkan sarana kereta apinya. Calon pelanggan KLB diharapkan melakukan pendaftaran minimal H-7 sebelum keberangkatan karena KAI perlu menyiapkan segala aspek agar pelayanan KLB optimal.

“Diharapkan hadirnya layanan KLB ini dapat dimanfaatkan masyarakat untuk menikmati perjalanan kereta api yang lebih eksklusif dan tetap aman, nyaman, dan sehat, KAI berkomitmen untuk selalu memberikan layanan terbaik bagi masyarakat," tutur Arie.