Menuju Kampus Internasional, USU Kerja Sama dengan WPI Amerika Siap Bangun Studio Inovasi

Rektor USU, Prof Dr Muryanto Amin kunjungi WPI Amerika Serikat.
Sumber :
  • Dok USU

VIVA Medan - Universitas Sumatera Utara (USU) resmi menjalin kerja sama dengan salah satu kampus tertua di Massachusets, Amerika Serikat, bereputasi internasional Worcester Polytechnic Institute (WPI) yang berdiri sejak 1865. Hal itu, bertujuan USU menuju menjadi kampus internasional.

Cetak Mahasiswa Kreatif dan Terampil Berkomunikasi Melalui Pilmapres Unimed 2024

"Fokus kerja sama itu sendiri, adalah rencana pembangunan Studio Inovasi USU berstandar internasional dengan WPI, sebagai role model dan pendamping," ucap Rektor USU Prof Dr Muryanto Amin, SSos, MSi dalam keterangan tertulis diterima VIVA, Sabtu 27 Mei 2023.

Muryanto beserta rombongan berkunjung dan menandatangani, langsung perjanjian kerja sama dengan Rektor WPI Winston Wole Soboyejo terkait rencana pembangunan Studio Inovasi termasuk pertukaran mahasiswa, staf, kolaborasi riset dan inovasi untuk meningkatkan mutu dan kualitas lulusan dua kampus tersebut, Kamis pagi, 25 Mei 2023 pukul 09.00 pagi waktu Amerika Serikat.

Masuk 12 Besar PPD, Pj Gubsu: Jadi Pemicu Kualitas Pembangunan Sumut

Prof Mury menjelaskan, fokus kerja sama yang akan dilakukan USU dan WPI adalah membangun Studio Inovasi.

"Studio Inovasi dibangun untuk mendukung pembelajaran praktik mahasiswa. Memadukan antara teori dan praktik. Contohnya seperti penggunaan teknologi printing. WPI punya pengalaman membangun inovasi studio terintegrasi dan bersedia melakukan pendampingan ke USU," ujar Prof Mury.

Lihat Kesiapan Pembukaan Fakultas Kedokteran, Kemenkes Visitasi ke Unimed

Rektor USU mengaku terkesan dengan fasilitas laboratorium dan studio inovasi yang dimiliki WPI untuk menunjang kegiatan praktikum mahasiswa di mana WPI memang secara penuh menerapkan project based learning dalam kurikulum pembelajarannya.

“Kami berharap dapat mengambil pelajaran berharga dari kunjungan ini, khususnya terkait dengan bagaimana tata kelola internasionalisasi universitas, peningkatan kualitas akademik, serta pencapaian reputasi dan yang terpenting adalah mendapat dukungan dari WPI terhadap kegiatan riset dan pembangunan Studio Inovasi di USU,” jelas Prof Mury.

Halaman Selanjutnya
img_title