Pemudik Atur Jadwal, KAI Sumut Terapkan Keberangkatan KA Tepat Waktu

Penumpang kereta api di Stasiun Besar Medan.
Sumber :
  • Istimewa/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Masa angkutan lebaran tahun 2023 di PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah berjalan selama 9 hari, sejak 12 April 2023 lalu. Dalam melayani pelanggan KA di masa mudik Lebaran 2023 ini. Dengan menerapkan ketepatan waktu keberangkatan kereta api di wilayah PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional I Sumatera Utara mencapai 100%.

12.092 Personel Gabungan Diterjunkan Amankan Arus Mudik Lebaran 2024 di Sumut

"Ini artinya, kereta api yang beroperasi setiap harinya pada masa Angkutan Lebaran tahun 2023, berangkat tepat waktu sesuai jadwal yang ditentukan," ucap Manager Humas Divre I Sumut, Anwar Solikhin, Kamis 20 April 2023.

Guna menghindari pelanggan yang ingin mudik tertinggal kereta api, Anwar mengimbau agar calon penumpang dapat mengatur kedatangannya ke stasiun dengan jadwal keberangkatan KA.

Ini Strategi Pertamina Sumbagut Jamin Pasokan dan Pelayanan BBM Selama Arus Mudik Lebaran 2024

“Kereta api merupakan moda transportasi massal yang tepat waktu. Terutama masa angkutan lebaran ini, keberangkatan KA mencapai 100%. Jadi, tidak ada istilahnya kereta api menunggu penumpang yang terlambat. Sebaliknya, calon penumpang yang harus mengatur waktu tiba di stasiun. Disarankan, pelanggan sudah tiba di stasiun satu jam sebelum jadwal keberangkatan KA,” ucap Anwar.

Selain itu, untuk memudahkan dan menghindari antrian di loket go show stasiun, PT KAI Divre I SU juga mengimbau agar pelanggan KA melakukan pemesanan tiket melalui aplikasi KAI Access.

Arus Mudik Lebaran 2024, Dishub Sumut Catat 92 Titik Potensial Gangguan Lalulintas

Pada aplikasi ini, pelanggan bisa melihat ketersediaan tempat duduk, pilihan jadwal keberangkatan, serta fitur ubah jadwal dan pembatalan tiket. Tanpa perlu antri di loket, pelanggan bisa efisien waktu dan tenaga.

“Mudik ke kampung halaman naik kereta api merupakan pilihan yang tepat. Banyak faktor mengapa lebih baik naik KA pada saat mudik, selain tepat waktu. Yakni, bebas macet, mengutamakan keselamatan, aksesibilitas, dan pelayanan yang terus ditingkatnya. Naik kereta api, aman dan berkesan,” tutup Anwar.

Halaman Selanjutnya
img_title