PON 2024 Sumut-Aceh, Sejarah Pertama 2 Provinsi Tuan Rumah Bersama

Menpora Zainudin Amali bersama Ketua KONI Pusat dan Gubernur Sumut.
Menpora Zainudin Amali bersama Ketua KONI Pusat dan Gubernur Sumut.
Sumber :
  • Istimewa/MEDAN VIVA

VIVA - Usai PON XX tahun 2021 Papua, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menetapkan pelaksanaan PON digelar di dua provinsi. Dimulai PON XXI tahun 2024, sebagai tuan bersama Aceh-Sumut.

Hal itu, sampai oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainuddin Amali pada acara pada acara Launching Maskot, Lagu PON, dan Tagline di PON Aceh-Sumut wilayah Sumut, berlangsung di Komplek Astaka Pemprov Sumut, di Jalan William Iskandar/Jalan Pancing, Kabupaten Deli Serdang, Minggu 29 Januari 2023.

"Ini pengalaman pertama kita dilakukan di dua tempat. PON XX di Papua hanya diselenggarakan di satu provinsi. Selanjutnya, dilakukan dua provinsi," sebut Zainuddin.

Baca juga:

Zainuddin mengungkapkan alasan Pemerintah Indonesia menerapkan dua Provinsi menjadi tuan rumah bersama PON. Karena, untuk mempercepat kepada provinsi-provinsi yang belum dapat giliran, untuk mendapatkan kesempatan menjadi tuan.

"Apa lagi, provinsi bertambah 4. Sudah 38 provinsi, bisa dibayangkan. Kalau bergilir 4 tahun sekali. Sekarang, mungkin 100 tahun lebih lagi, baru dapat kembali kesempatan di Sumatera Utara ini," kata Zainuddin.

Zainuddin berharap PON dijadikan tempat untuk melahirkan talenta-talenta dari atlet berprestasi di Indonesia ini. Yang nantinya bisa berprestasi di internasional.

Halaman Selanjutnya
img_title