PON 2024 Berlangsung di Tahun Politik, KONI Sumut: Tetap Berjalan di Masa Presiden Jokowi

Launching logo, maskot dan tagline PON 2024.
Sumber :
  • Pemprov Sumut

VIVA Medan - Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut dipastikan akan berlangsung sesuai jadwal pada September 2024 bersamaan dengan tahun politik, dan dibuka oleh Presiden RI, Joko Widodo. Jokowi inginkan PON 2024 dihelat sebelum masa jabatannya berakhir pada 20 Oktober 2024.

Maju di Pilgub Sumut 2024, Ketum Pujakesuma Mendaftar Diri ke PKB Sumut

Wakil Ketua Umum KONI Sumut, Prof Agung Sunarno mengungkapkan, sampai saat ini belum ada perubahan pesta olahraga itu berubah atau pun diundur dari jadwal meski berlangsung bersamaan pada tahun politik. Pembukaan PON 2024 pada 8 September 2024 di Aceh dan penutupan digelar di Sumut.

"Sesuai instruksi Presiden Jokowi sebelumnya bahwa perhelatan olahraga akan tetap berjalan kendati bersamaan dengan tahun politik," ungkap Prof Agung saat menjadi narasumber pada Pelatihan Liputan Menuju PON XXI/2024 Aceh-Sumut yang digelar SIWO PWI Sumut di Aula KONI Sumut, Jalan Williem Iskandar, Selasa 25 Juli 2023.

Sutarto Resmi Jabat Ketua DPRD Sumut Gantikan Almarhum Baskami Ginting

"Tidak ada keraguan bagi kita mundur atau tidak mundur, kita memastikan bahwa persiapan PON akan dibuka 8 September 2024 di Aceh dan penutupan di Sumut," tegas Guru Besar FIK UNIMED itu.

Wakil Ketua KONI Sumut, Prof Agung Sunarno (kiri).

Photo :
  • Istimewa/MEDAN VIVA
Tidak Ada Foto Jokowi di Ruang Rakor, Ini Klarifikasi Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut

Prof Agung menyebutkan, tidak adanya perubahan PON 2024 diundur, atas dasar permintaan dari Jokowi agar digelar ketika dia masih menjabat sebagai Presiden RI. Diakuinya, sempat ada keraguan PON 2024 akan sulit terlaksana karena saat bersamaan pada agenda politik.

"Kita mengutip yang disampaikan Menpora bahwa sampai hari ini Presiden Jokowi ingin PON dia (Jokowi) yang membuka. Sehingga tentang tahun 2024, walaupun kita tahu sendiri tahun 2024 itu adalah tahun politik, olahraga akan tetap berjalan dimasa Presiden Jokowi," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title