Andalkan Atlet Nasional, PASI Sumut Target 6 Emas di PON 2024

Kabid Binpres PASI Sumut, Irwan Pulungan (tengah).
Sumber :
  • Istimewa/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Pengprov Persatuan Atlet Seluruh Indonesia (PASI) Sumatera Utara (Sumut) target 6 medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024. Target tersebut diyakini tercapai dengan mengandalkan sejumlah atlet nasional.

Ajak Warga Sumut Sukseskan PON 2024, Usung Tagline 'Apa yang Kau Bisa Mainkan'

Hal tersebut dikatakan Ketua Pengprov PASI Sumut dr David Luther Lubis SpOG melalui Kabid Binpres H Irwan Pulungan SSos saat memberikan keterangan di Posko Publikasi PON XXI/2024 Wilayah Sumut, Rabu 24 Mei 2023. Katanya, PASI Sumut tak ingin muluk-muluk atas target yang diemban.

"Sesuai dengan data dan peta kekuatan atletik di Indonesia, kita menargetkan enam medali emas," ujar Irwan Pulungan.

Berprestasi di Ajang Internasional, Atlet NPC Sumut Diguyur Bonus Rp3,1 Miliar

Dijelaskannya, saat ini PASI Sumut memiliki 46 atlet yang masuk dalam Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) KONI Sumut. Dari jumlah tersebut, ada lima atlet termasuk kategori 1 (K1) dan dua atlet kategori 2 (K2). Sisanya masuk dalam kategori 3 (K3).

"Target tersebut meningkat 100 persen dari raihan di PON Papua. Saat itu kita meraih 3 emas, 5 perak, dan 4 perunggu," ungkapnya.

Gerakan ABC Dapur MasteRasa Bagikan 12.000 Paket Kebaikan Ramadan di Medan

PASI Sumut memasang target enam emas tersebut berdasarkan raihan dari sejumlah event terakhir. Salah satunya adalah Invitasi Atletik Indonesia yang merupakan seleksi menuju SEA Games 2023 pada Januari 2023 lalu. Saat itu Sumut meraih 4 emas dan 2 perak.

"Kita berada di posisi ketiga setelah Jawa Barat dengan 9 emas dan DKI Jakarta dengan 5 medali emas," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
img_title