Tuntaskan HAM Berat, Jokowi Jadwalkan Kunjungi Pelanggaran di Aceh dan Talangsari

Presiden Joko Widodo berikan keterangan soal pelanggaran HAM.
Sumber :
  • Setneg RI

VIVA - Presiden Joko Widodo akan mengunjungi sejumlah wilayah yang terjadinya Pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) berat. Ini sebagai tindaklanjut rekomendasi temuan tim Penyelesaian Non Yudisial Pelanggaran HAM berat atau PPHAM.

Sah! Prabowo-Gibran Presiden dan Wakil Presiden RI Terpilih 2024-2029

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD mengungkapkan, salah satu yang akan dilakukan yaitu Presiden Jokowi akan mengunjungi sejumlah wilayah peristiwa pelanggaran HAM berat tersebut.

Mahfud menyebutkan, Presiden Jokowi akan mengunjungi Provinsi Aceh yang merupakan provinsi tempat terjadinya peristiwa Jambo Keupok pada 17 Mei 2003 dan juga akan berkunjung ke Dusun Talangsari yang merupakan tempat terjadinya peristiwa Talangsari pada 1989.

Bendungan Lau Simeme di Deliserdang Ditargetkan Selesai Juni 2024

"Di antara yang secara seremonial untuk ditunjukkan kepada publik bahwa kami bersungguh-sungguh, mungkin dalam waktu dekat Presiden akan berkunjung ke beberapa daerah, misalnya ke Aceh, kemudian Talangsari,"kata Mahfud di Istana Kepresidenan, melansir VIVA Senin 16 Januari 2023.

Baca juga:

Dissenting Opinion, Hakim MK Saldi Isra Dukung Pemungutan Suara Ulang Pilpres 2024

Tak hanya ke dua wilayah itu, Jokowi juga akan berkunjung beberapa wilayah lainnya di Indonesia. Mahfud juga mengungkapkan bahwa Presiden Jokowi dalam waktu dekat akan mengeluarkan Instruksi Presiden atau Inpres.

Halaman Selanjutnya
img_title