Resmikan Kantor Perwakilan LPS di Medan, Pj Gubsu Berharap Layanan Keuangan Dirasakan Masyarakat

Pj Gubernur Sumut, Hassanudin meresmikan Kantor LPS di Medan.
Sumber :
  • BS Putra/VIVA Medan

VIVA Medan - Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Purbaya Yudhi Sadewa bersama Pejabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Hassanudin meresmikan Kantor Perwakilan LPS I, di Gedung Sinar Mas Land Plaza, Lantai 9, di Jalan Pangeran Dipenogoro, Kota Medan, Jumat 3 Mei 2024.

Hingga Triwulan III 2024, Bank Mestika Berikan Edukasi Literasi Keuangan Kepada 1.500 Orang

Membuka Kantor Perwakilan LPS I di Medan ini, dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan meningkatkan kepercayaan kepada nasabah bank. LPS menunjuk Muhamad Yusron menjadi Kepala Kantor Perwakilan LPS I yang berlokasi di Medan dengan cakupan wilayah kerja yang meliputi seluruh Sumatera.

Ketua Dewan Komisioner LPS, Purbaya Yudhi Sadewa menjelaskan bahwa pemilihan Medan sebagai salah satu lokasi kantor perwakilan LPS, didasari pertimbangan bahwa Medan merupakan salah satu kota besar di Indonesia dengan tingkat pertumbuhan ekonomi dan transaksi bisnis yang tinggi.

PosIND Terus Berinovasi Jadi Perusahaan Logistik Nasional Berbasis Digitalisasi

“Provinsi Sumut merupakan salah satu pusat ekonomi di Indonesia. Hal ini terlihat dari porsi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Sumatera Utara terhadap PDB Indonesia sepanjang tahun 2023 yaitu sebesar 4,89%," ucap Purbaya, dalam sambutannya.

Purbaya menjelaskan bahwa pada tahun 2023, pertumbuhan ekonomi di Sumut mencapai 5,01% YoY. Sementara itu dari sisi Dana Pihak Ketiga (DPK), per Februari 2024 DPK perbankan provinsi Sumut mencapai Rp319,9 triliun, atau setara 3,91% terhadap total DPK nasional, dan 37,08% terhadap total DPK di Sumatera. Per Februari 2024, DPK Sumatera Utara tumbuh 6,43% YoY.

Perbarindo Sumut Gelar Pelatihan Aplikasi Digital SIPPENA dan SIMR

"Dengan dibukanya Kantor Perwakilan LPS di Medan, anggota Komite Stabilitas Sistem Keuangan di Provinsi Sumatera Utara sudah lengkap yang beranggotakan Kementerian Keuangan, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan dan Lembaga Penjamin Simpanan,” tutur Purbaya.

Sementara itu, Pj Gubernur Sumut, Hassanudin mengatakan dengan kehadiran Kantor LPS I di Medan Medan ini, diharapkan LPS dapat lebih dekat dengan masyarakat Sumut guna mendapatkan edukasi keuangan.

Halaman Selanjutnya
img_title