HM IKLAB Gelar Demo di Kantor Disdik Sumut, Tuntut Sekdis Dicopot

Aksi massa HM IKLAB unjuk rasa di Kantor Disdik Sumut.
Sumber :
  • BS Putra/VIVA Medan

VIVA Medan - Puluhan mahasiswa tergabung dalam Himpunan Mahasiswa (HM) Ikatan Keluarga Labuhanbatu (IKLAB) Raya menggelar aksi unjuk rasa di Dinas Pendidikan (Disdik) Sumut, Jalan Teuku Cik Ditiro, Kota Medan, Kamis 2 Mei 2024.

Pemkab Labusel Klarifikasi Terkait Tudingan Menahan SK PPPK

"Pada siang ini kami lakukan demonstrasi tepat di hari pendidikan nasional, karena kami melihat adanya kebobrokan disini," ucap Ketua Umum HM IKLAB Raya, Irham Sadang Rambe, dalam orasinya unjuk rasa tersebut.

Irham menuntut Penjabat (Pj) Gubernur Sumut, Hassanudin untuk mencopot oknum berinisial KU menjabat sebagai Sekretaris Disdik Sumut. Massa menuding KU melakukan pungutan liar (Pungli) ke sekolah-sekolah dibawah naungan Disdik Sumut.

Kuota Penerimaan Siswa PPDB Sumut 2024, SMA 96.588 Orang dan SMK 89.560 Orang

"Kita minta Pj Gubsu mengevaluasi disdik Sumut mencopot dia dari jabatannya karena dinilai bobrok melakukan pungli terhadap beberapa Kepala Sekolah dan penyalahgunaan dana BOS," teriak Irham menggunakan alat pengeras suara.

Disisi lain, Irham mengungkapkan pihaknya, menyoroti terkait dengan dugaan masih banyaknya guru honorer di Sumut yang diduga bermasalah terkait honornya.

Kepsek SMKN 1 Nisel Ditahan Polisi Terkait Kasus Penganiayaan Siswanya, Ini Kata Kadisdik Sumut

"Gaji-gaji guru honorer bermiliar yang belum dibayarkan, kita miris melihat guru honorer karena tidak mendapatkan yang seharusnya dia dapatkan," jelas Irham.

Dalam aksinya, massa meminta bertemu langsung dengan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sumut, Abdul Haris Nasution. Namun, pengunjuk rasa hanya ditemui oleh Kepala Sub Bagian Umum Disdik Sumut, Arwansyah Chairul Amin Daulay.

Halaman Selanjutnya
img_title