KAI Sumut Tertibkan Aset Berupa Rumah dan 6 Kios di Kota Medan

PT KAI Divre I Sumut tertibkan aset di Jalan Sutomo, Medan.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre I Sumatera Utara melakukan penertiban aset, sebuah rumah perusahaan dan 6 kios, masih di atas tanah KAI, di Jalan Sutomo Nomor 7 atau DW 109, Kelurahan Perintis, Kecamatan Medan Timur, Kota Medan, Sabtu 21 Oktober 2023.

Cerita Petugas Keamanan KAI Bandara Medan Temukan Uang Puluhan Juta Milik Penumpang

Manager Humas Divre I Sumut, Anwar Solikhin menjelaskan penertiban aset milik KAI itu, luas tanah 1.280 m2, luas bangunan 250 m2 dan alas hak Groundkaart No. IJ.1.3.5.e. Penertiban tersebut, melibatkan 167 personel gabungan dari PT KAI dan TNI/Polri.

"Hari ini, PT KAI Divre I Sumut melakukan penertiban atas aset berupa lahan dan Rumah Perusahaan," ucap Anwar kepada wartawan.

Guru SD Tewas Tersambar Kereta Api di Kota Medan

Anwar menjelaskan bahwa penertiban, dengan tindakan pengosongan rumah ini, berdasarkan adanya tindakan penyerobotan aset rumah perusahaan milik PT KAI oleh perorangan. Dimana rumah itu, digunakan untuk tempat tinggal dan usaha tanpa melakukan perjanjian kontrak dengan PT KAI.

"Penertiban ini selaras dengan komitmen PT KAI untuk melakukan penjagaan aset perusahaan dengan tujuan untuk mengamankan dan menjaga aset negara dari pihak lain yang tidak memiliki hak atas aset negara tersebut,” jelas Anwar.

Dihadapan PKDN Sespimti Polri, Pj Gubernur Sumut Beberkan Strategi Pemilu Sukses

Sebelum dilakukan penertiban aset, Anwar mengungkapkan PT KAI Divre I Sumut, telah melakukan upaya persuasif kepada penghuni agar segera melakukan proses izin legalitas persewaan kepada PT KAI. Namun justru penghuni Rumah Perusahaan tidak ada itikad untuk melakukan kontrak persewaan aset.

"Penghuni rumah perusahaan, juga tidak mengindahkan surat peringatan I, II, dan III dan surat pemberitahuan I, II dan III yang telah dilayangkan PT KAI Divre I Sumut, hingga akhirnya dilakukan penertiban pada hari ini," ujar Anwar.

Halaman Selanjutnya
img_title