RSJ Muhammad Ildrem Mencatat 10.000 Orang di Sumut Alami ODGJ dan Napza 1,3 Juta

Pj Gubernur Sumut, Hassanudin hadiri peringatan HKHS di RSJ Prof Ildrem.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Prof DR Muhammad Ildrem, Kota Medan mencatat terdapat sekitar 10.000 orang di Sumatera Utara mengalami atau orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan Napza 1,3 juta se-Sumut.

Siap Laksanakan Peparnas 2024, Pj Gubernur Sumut : Kita Senang Jadi Tuan Rumah

Hal itu, diungkapkan Direktur Umum RSJ Prof Ildrem Kota Medan, Ismail Lubis pada Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS) di RSJ Prof Ildrem Kota Medan, Senin 16 Oktober 2023. Kegiatan peringatan HKJS dengan mengusung tema 'Sehat Jiwa bagi Semua Orang'. Acara ini, dihadiri langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin bersama Pj Ketua TP PKK Sumut Dessy Hassanudin.

Ismail menyebutkan, tercatat saat ini ada 433 tenaga medis dan non medis telah diberdayakan, 100 tempat tidur untuk pelayanan rehat Napza, 300 tempat tidur untuk pelayanan disabilitas mental, dengan luas lahan RSJ 3,8 hektare.

Pemprov Sumut Optimalkan Teknologi Informasi dalam Sukseskan Penyelenggaraan PON 2024

"Sementara, tercatat 10.000 orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan Napza 1,3 juta se-Sumut," kata Ismail.

Disampaikan juga, selama ini RSJ identik dengan image menakutkan. Karena itu, di momen HKJS inilah ia bersama hospitalia ingin mengubah stigma itu. Caranya dengan berkerja sama dengan Diskominfo melakukan podcast, membuka layanan eksekutif, memberikan literasi dan layanan promosi kesehatan sejak dini ke sekolah-sekolah, dan mengadakan senam sehat jiwa.

Pilkada Langkat, Rizky Yunanda Sitepu Daftarkan Diri ke Tujuh Parpol

"Kita lakukan itu agar masyarakat mengetahui gejala sakit jiwa sejak dini. Mungkin ada yang merasa cemas, tidak fokus, susah tidur, jangan malu-malu untuk memeriksakan ke sini. Apalagi mau Pilkada, pemilihan legislatif, kami siap melayani," jelas Ismail.

Selain itu, Ismail juga menyebutkan bahwa pelayanan RSJ Prof Ildrem bukan hanya melayani kesehatan jiwa 60%, tapi juga kesehatan umum 40%. Dengan memberikan pelayanan yang maksimal, katanya, pendapatan RSJ Prof Ildrem sebanyak Rp10,86 miliar/tahun. Dari anggaran itu, 5% dikembalikan ke rumah sakit untuk memotivasi para pekerja.

Halaman Selanjutnya
img_title