Minta Keterangan Pertamina, KPPU Beberkan Penyebab Kelangkaan Gas 3 Kg

KPPU I Medan mintai keterangan PT Pertamina Sumbagut terkait kelangkaan gas 3 Kg.
Sumber :
  • BS Putra/MEDAN VIVA

VIVA Medan - PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) dipanggil dan dimintai keterangan oleh Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) Kantor Wilayah (Kanwil) I Medan, terkait dengan kelangkaan Gas LPG 3 kilogram, beberapa hari yang lalu, di Kota Medan dan Kabupaten Deliserdang.

Mobil Terseret Arus Sungai Lau Kemiri di Karo, Satu Orang Ditemukan Tewas

Dalam memintai keterangan di Kantor KPPU di Jalan Gatot Subroto, Kota Medan, Rabu 27 Juli 2023. PT Pertamina Sumbagut diwakili oleh Staleva Putra selaku Sales Branch Manager.

"Kita konfirmasi Pertamina, mereka sudah ekstra droping bulan ini. Kelangkaan itu, terjadi sekitar tiga minggu terakhir," ucap Kepala KPPU Kanwil I Medan, Ridho Pamungkas saat dikonfirmasi VIVA, Rabu 27 Juli 2023.

Xtrim Medan Gelar Event MAX-5, Ratusan Crosser Tanah Air akan Hadir

Ridho mengatakan berdasarkan keterangan Pertamina, telah terjadi peningkatan konsumsi gas LPG 3 kilogram di Kota Medan dan Kabupaten Deliserdang. Sehingga perusahaan plat merah itu, melakukan ekstra droping.

"Penyebabnya libur panjang Idul Adha. Kemudian, terjadi peningkatan konsumsi gas. Untuk masak rendang dan segala macam. Terjadi kenaikan penggunaan, disaat itu, peningkatan itu. Asalnya untuk satu Minggu, ini 3 hari habis ke pangkalan (beli gas)," jelas Ridho.

Musrenbang RPJPD, Pj Gubernur Sumut Paparkan Visi Misi Pembangunan 2025-2045

Atas hal itu, Ridho mengatakan terjadi peningkatan distribusi gas 3 kg sebanyak 3 persen dari kuota diterapkan di Kota Medan dari bulan sebelumnya. Kemudian, untuk di Sumut meningkatkan 7 persen dari kuota yang ditetapkan.

"Kalau pengawasan itu, dari Pertamina ke agen. Agen ke pangkalan, dari pangakalan ke masyarakat. Bisa jadi tidak terkontrol. Agen ke pangkalan sudah dibatasi, misalnya setiap bulan 3 ribu tabung per bulan. Kalau di Sumut ini, hot isu ada di Medan dan Deliserdang. Daerah lain tidak terlalu terjadi relatif pengaruh," sebut Ridho.

Halaman Selanjutnya
img_title