Dugaan Persengkongkolan Tender Proyek 'Lampu Pocong' di Medan, Kepala KPPU : Seolah Dikondisikan

Kepala KPPU Kanwil I, Ridho Pamungkas.
Sumber :
  • BS Putra/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) menyoroti dibalik tender proyek lampu penerangan jalan alias 'lampu pocong' di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut). KPPU mensinyalir terjadi persengkongkolan dan terkesan sudah dikondisikan, siapa perusahaan yang menang dalam tender proyek tersebut.

Lepas Ribuan Pemudik Lebaran 2024, Bobby Nasution: Bukan Kebut-kebutan, tapi Selamat Sampai Tujuan

Dari penelusuran di LPSE, dilakukan KPPU Kantor Wilayah (Kanwil) I terkait proyek lampu jalan itu, dimenangkan oleh Biro Teknik Bangunan dan CV Asram sebagai pemenang untuk dua paket pekerjaan, CV Eka Difa Putera, PT Triva Mangun Mandiri, CV. Sinar Sukses Sempurna dan CV Sentra Niaga Mandiri.

Kepala KPPU Kanwil I, Ridho Pamungkas, menjelaskan bahwa persoalan kegagalan suatu proyek pelaksanaan pekerjaan dapat dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kurangnya perencanaan yang matang. 

Bobby Nasution Keluarkan Kebijakan Gratiskan Parkir di Medan yang Tidak Terapkan E-Parking

"Kemudian, kurangnya pengawasan, ketidakmampuan pelaksanaan, kesalahan manajemen, kekurangan sumber daya. Perubahan regulasi ataupun juga dapat terjadi karena adanya persekongkolan dalam tender," ucap Ridho saat dikonfirmasi VIVA, Jumat 12 Mei 2023.

Lampu jalan alias lampu pocong di Jalan Sudirman, Kota Medan.

Photo :
  • BS Putra/MEDAN VIVA
Buka Puasa Bersama Mitra, RSU Bunda Thamrin Medan Terus Tingkatkan Layanan dan SDM

Ridho mengungkapkan beberapa indikasi adanya persekongkolan dalam proses tender dalam kasus kegagalan suatu proyek yang dapat dicermati. Pertama, Ketidaksesuaian antara pemenang tender dan kapabilitasnya. Dimana pemenang tender tidak memiliki pengalaman atau kapabilitas yang memadai untuk menyelesaikan proyek yang diberikan.

Kedua, Ridho mengatakan bahwa adanya pelanggaran prosedur dalam tender dimana pokja mengabaikan proses evaluasi yang objektif. Sehingga menghasilkan pemenang yang tidak qualified.

Halaman Selanjutnya
img_title