Cerita Suti Karno yang Harus Rela Kakinya Diamputasi Usai 18 Tahun Idap Diabetes

Suti Karno
Sumber :
  • Instagram @sutykarno

VIVA – Nama Suti Karno mungki sudah tidak asing lagi bagi penggemar sinetron di era 90-an sebagai pemeran Atun di "Si Doel Anak Sekolahan". Lama tak terdengar kabarnya, kini Suti Karno diketahui baru saja melakukan operasi pengangkatan salah satu bagian kakinya. Operasi itu harus dilakukan Suti Karno setelah berjuang selama 18 tahun melawan penyakit diabetes yang diidapnya.

LAFKI Sukses Menggelar PIFKI di Medan, Dihadiri Para Surveior Asal Aceh Hingga Papua

Kondisi itu diungkapkan sendiri oleh Suti Karno saat menjadi bintang tamu di salah satu acara televisi swasta. Diamputasi juga diketahui adalah keputusan yang diambilnya sendiri.

"Dua bulan lalu kaki saya diamputasi. Saya belum bisa beraktivitas normal. Itu keputusan saya, bukan keputusan dokter karena merambat luka. Karena pembuluh darah saya sudah rusak bagian atas," ungkap Suti seperti yang dikutip dari sebuah kanal YouTube pada Selasa, 10 Januari 2023.

THE Impact Rankings 2024, UMSU Masuk Jajaran Kampus Terbaik di Dunia

Baca juga: 

Menurut pengakuan Suti Karno, diabetes yang dialaminya itu akibat dari gaya hidupnya di masa muda yang kini membuatnya menyesal. Sebelum divonis mengidap diabetes, Suti mengaku menjalani gaya hidup yang buruk seperti gemar mengonsumsi soda dan enggan minum air putih.

Ikuti Tes Wawancara di PDIP Sumut, Maya Hasmita Tawarkan Pembangunan Merata di Labuhanbatu

"Diabetes hampir 18 tahun dari anak saya kecil. Ya itu kesalahan waktu muda, enggak pernah mendengarkan orang tua kita. (Yang disesali) enggak pernah minum air putih, saya selalu minum-minuman soda. Sama sekali tidak pernah minum air putih. Saya baru minum air putih itu 18 tahun," ujar Suti.

Halaman Selanjutnya
img_title