Wagub Ijeck Menangis, Kenang Amanah Ayah Generasi Muda Harus Cinta Alquran

Musa Rajekshah buka MTQ Yayasan Haji Anif.
Musa Rajekshah buka MTQ Yayasan Haji Anif.
Sumber :
  • Pemprov Sumut

VIVA Medan - Musabaqah Tilawah Alquran (MTQ) Yayasan Haji Anif (YHA), yang kini memasuki tahun keempat, secara resmi dibuka oleh Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah di Masjid Al-Musannif Cemara Asri, Kabupaten Deli Serdang, Kamis malam, 23 Maret 2023. Gelaran yang sekaligus memperingati milad Almarhum H Anif bin H Gulrang Shah.

Kesempatan itu, Musa Rajekshah yang juga menjabat Ketua YHA mengisahkan kembali perjalanan MTQ yang digagas almarhum ayahnya. Pria yang akrab disapa dengan Ijeck itu, tidak kuasa menahan tangis, sembari berharap dapat terus melanjutkan amanah almarhum ayahnya menggelar MTQ, agar generasi muda di Indonesia, khususnya Sumut menjadi generasi yang cinta Alquran.

“MTQ ini amanah dari almarhum dari awal untuk pelaksanaan MTQ, sekalian memperingati ulang tahunnya, dia menginginkan anak-anak, generasi ke depan cinta Alquran, dapat membaca Alquran dengan benar dan bisa memaknai isi kandungan dalam Alquran, sehingga generasi ini tidak hanya berilmu dunia tapi juga mempunyai bekal akhirat,” ucap Ijeck, usai membuka MTQ TahfizA lquran dan Sholawat Asyghil YHA ke-4.

Lanjut Ijeck, MTQ ini pertama kali hadir di tahun 2019, dan dilanjutkan tahun 2020, 2022 dan yang keempat di tahun 2023. Kegiatan ini, akan berlangsung setiap tahunnya di bulan Ramadan.

“Sebelumnya setiap memperingati kelahirannya, orang tua kami memberi santunan saja tapi di tahun 2019 minta tambahkan buat acara MTQ, pesannya saat itu harus semeriah mungkin, dengan hadiah sebaik mungkin,” kisahnya.

Dalam sambutannya, Ijeck mengaku tahun kedua dan ketiga MTQ penuh tantangan karena berhadapan dengan Pandemi Covid-19. Bersyukur MTQ kedua bisa tetap dilaksanakan, sementara itu tahun ketiga acara diganti dengan Sayembara Desain Arsitektur Masjid Al-Musannif.

“MTQ kedua, pertama kali juga mulailah Covid dan saya ingat betul pendaftaran sudah mulai dan peserta dari luar provinsi sudah mulai datang, kita rapat dan kita putuskan untuk melanjutkan, saya bilang yakinlah kita Allah pasti lindungi dan akhirnya acara berlangsung dengan lancar, tahun 2021 acara diubah jadi sayembara desain masjid, dan tahun 2022 almarhum orang tua kami tidak sempat melihat karena sudah berpulang,” ujar Ijeck menangis.

Halaman Selanjutnya
img_title