Hasan Basri Sagala Dorong Penguatan UMKM yang Diinisiasi Masyarakat

Bacalon Wakil Gubernur Sumut, Hasan Basri Sagala.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Bacalon Wakil Gubernur Sumut, Hasan Basri Sagala mendorong dan pentingnya peningkatan dan penguatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang diinisiasi oleh masyarakat.

PON 2024 Libatkan 500 UMKM, Pj Gubernur Sumut: Banyak Sektor Terdampak Positif

Hal itu, diungkapkan Hasan Basri Sagala, mengunjungi unit usaha pembuatan Tauco oleh kelompok ibu-ibu rumah tangga yang berada di kawasan Desa Sambirejo Timur, Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deliserdang, Senin 9 September 2024.

"Saya kira pemerintah, punya tugas untuk menstimulus kalau ada keinginan masyarakat terutama ibu-ibu nih, yang punya keinginan untuk mendapatkan pelatihan usaha. Pemerintah mesti memfasilitasinya dan mengajarinya," ucap Hasan, dalam keterangannya, Selasa 10 September 2024.

Pesan Warga Lumban Datu Porsea ke Edy Rahmayadi: Pimpin Kami untuk Kali Kedua

Tidak hanya dalam persoalan memberikan pelatihan saja, Hasan mengatakan, pemerintah juga mesti mendampingi masyarakat pegiat UMKM dalam hal pengembangan usaha-usaha yang dijalankan. Menurutnya, pengembangan usaha itu sejalan dengan sistem pemasaran dan pangsa pasarnya.

Hal ini, juga bakal masuk dalam program yang sudah ia siapkan bersama calon Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi nantinya. "Bila perlu pemasarannya bisa menembus hingga luar Sumut nantinya. Alhamdulillah tadi saya dengar usaha Tauco ibu-ibu ini sudah sampai ada yang dijual secara online ke Pulau Jawa, bahkan sampai ke Sulawesi," kata Hasan.

Pengabdian Kepada Masyarakat, FKG USU Gelar Pemeriksaan dan Perawatan Gigi di Deliserdang

"Yang terakhir memang, perlu dicari kerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang bisa memberikan pengasuhan kepada bisnis ini. Agar bisa melatih lagi, bagaimana kemasannya, marketing dan promosinya," sambungnya.

Lebih jauh kata Hasan, pemerintah memiliki anggaran untuk UMKM. Kepala daerah mempunyai peran untuk mengkontrol anggaran supaya tepat sasaran pendistribusiannya. Dengan adanya anggaran tersebut dan kontrol dari kepala daerah sebagai representatif pemerintah, UMKM diharapkan tetap eksis dan membantu menguatkan pembangunan ekonomi secara berjenjang.

Halaman Selanjutnya
img_title