Penerapan Tata Kelola Yang Baik, Perbarindo Sumut Gelar Pelatihan Audit Berbasis Risiko

Perbarindo Sumut gelar pelatihan audit berbasis risiko.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - DPD Perhimpunan Bank Perekonomian Rakyat Indonesia (Perbarindo) Sumatera Utara (Sumut) menggelar Pelatihan Audit Berbasis Resiko kepada insan BPR/BPRS, di Hotel Grand Central Premier, Jalan Merak Jingga, Kamis kemarin, 16 Mei 2024.

Perbarindo Sumut Gelar Pelatihan Aplikasi SIPRo, SIPTKS, dan SIP2RBB

Kegiatan pelatihan ini dibuka langsung oleh Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan (LJK) Provinsi Sumut, Wan Nuzul Fachri. Dalam sambutannya, Wan Nuzul menilai, program kerja Perbarindo ini dilaksanakan dalam rangka efektivitas pengendalian resiko dan penerapan tata kelola yang baik.

Menurut Wan Nuzul, BPR/BPRS sudah semestinya responsif atas perkembangan industri BPR/BPRS yang dinamis dan menuntut agar tetap sustain dalam operasionalnya dan harus diiringi penguatan pada aspek manajemen risiko.

Pertamina Sidak di SPPBE Riau untuk Pastikan Pengisian LPG Sesuai Standar

"Risiko digunakan oleh auditor dan manajemen untuk menyatakan perhatian mereka tentang dampak yang mungkin terjadi atas lingkungan yang penuh dengan ketidakpastian," kata Wan Nuzul, dalam keterangannya, Jumat 17 Mei 2024.

Wan Nuzul berharap dengan digelarnya pelatihan ini dapat mengurangi suprising event yang negatif antara fraud dan risiko likuiditas serta risiko operasional akibat lemahnya manajemen risiko yang tentunya berdampak pada kinerja BPR/BPRS.

Perbarindo Sumut Terus Lakukan Peningkatan Kapasitas Direksi dan Karyawan BPR-BPRS

"OJK menyambut baik atas kesadaran BPR/BPRS dalam menerapkan metodologi audit yang dapat dijalankan oleh auditor intern dalam pelaksanan auditnya," sebut Wan.

Wan Nuzul menambahkan, seiring dengan perkembangan teknologi data dan analitis, auditor internal diharapkan dapat melihat persoalan ini dan menjadikan sebagai early warning system bagi perusahaan dan manajemen.

Halaman Selanjutnya
img_title