Mabes Polri dan Polda Sumut Gagalkan Perdagangan Ginjal Senilai Rp 175 Juta, Rencana Dijual ke India

MM alias A tersangka perdagangan ginjal ditangkap Ditreskrimum Polda Sumut.
Sumber :
  • BS Putra/VIVA Medan

VIVA Medan - Tim gabungan kepolisaan berhasil menggagalkan perdagangan organ tubuh berupa ginjal, yang rencana akan dijual ke India. Namun, antara korban dan terduga berhasil diamankan saat hendak terbang dari Bandara Kualanamu Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, Selasa 3 Desember 2023.

Pegadaian Kanwil 1 Medan Berangkatkan 45 Jamaah Umrah Akbar

Terduga pelaku berinisial MM alias A (25) warga Kecamatan Medan Denai, Kota Medan. A sendiri berperan sebagai penghubung. Sedangkan, RA (25), warga Kudus, Jawa Tengah. Keduanya diamankan saat hendak terbang ke India melalui Bandara Kualanamu oleh Tim Badan Intelijen dan Keamanan (Intelkam) Polri dan Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumut.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sumut, Kombes Pol. Sumaryono menjelaskan bahwa pengungkapan kasus ini, berasal dari monitoring pihak kepolisian hingga berhasil digagalkan perdagangan organ tubuh itu.

Polisi Gagalkan Penyelundupan Puluhan PMI Ilegal di Perairan Sumut Saat Menuju Malaysia

"Namun, berhasi kami gagalkan. Karena, yang bersangkutan ini, saat akan terbang melalui Bandara Kualanamu melakukan gerak mencurigakan," jelas Sumaryono kepada wartawan di Markas Polda Sumut, Jumat 8 Desember 2023.

Sumaryono menjelaskan bahwa kasus perdagangan organ manusia ini pernah diungkapkan oleh Mabes Polri dan Polda Metro Jaya. Kini, kasus tersebut berada di wilayah hukum Polda Sumut.

Selama Angkutan Lebaran 2024, Bandara Kualanamu Melayani 367.939 Penumpang

"Yang mana berawal dari saudara RA, kita sebut sebagai korban, mengikuti salah satu media sosial. Yang mana dalam medsos itu, menawarkan adanya jual beli organ tubuh," ucap Sumaryono.

Dalam hasil penyelidikan, Sumaryono mengatakan bahwa korban ingin menjual ginjalnya, karena untuk membiayai saudaranya yang sedang sakit dan memerlukan uang keperluan berobat.

Halaman Selanjutnya
img_title