Basarnas Turunkan Tim Elit yang Dikirimkan Saat Gempa Turki, Cari 11 Korban Hilang di Humbahas

Tim Basarnas Medan kerahkan tim terbaik lakukan pencarian korban longsor dan banjir bandang di Humbahas yang hilang.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Basarnas turunkan tim elit untuk melakukan pencarian dan evakuasi 11 orang korban hilang banjir bandang disertai dengan longsor terjadi di Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara.

Mobil Terseret Arus Sungai Lau Kemiri di Karo, Satu Orang Ditemukan Tewas

Kepala Kantor Basarnas Medan Budiono, mengungkapkan bahwa Basarnas Pusat, menurunkan 18 personel elit Basarnas Spesial Group (BSG). Personel ini merupakan tim dari INASAR (Indonesia Search And Rescue), yang pernah diberangkatkan untuk membantu operasi SAR gempa di Turki.

"Tim dari BSG tersebut telah tiba di lokasi, dan kita berharap dengan adanya tambahan personel yang memiliki kualifikasi khusus tersebut dapat membantu untuk mempercepat penemuan korban," ucap Budiono kepada wartawan, Minggu 3 Desember 2023.

Xtrim Medan Gelar Event MAX-5, Ratusan Crosser Tanah Air akan Hadir

Dalam pencarian korban hilang ini, dibentuk 4 SAR Rescue Unit (SRU), dengan melibatkan Basarnas Medan, TNI Kodim, Polres Humbahas, BPBD Humbahas, BPBD Provinsi Sumut, Pemadam Kebakaran Humbahas, Tagana, Brimob, Satpol PP Humbahas, Pemerintah Setempat dan warga sekitar.

Tim SAR, TNI dan Polri lakukan pencarian korban longsor dan banjir bandang di Humbahas hingga kawasan Danau Toba.

Photo :
  • Istimewa/VIVA Medan
Musrenbang RPJPD, Pj Gubernur Sumut Paparkan Visi Misi Pembangunan 2025-2045

Budiono, mengatakan dalam pencarian korban, dibagi empat SRU untuk melakukan pencarian korban dengan menyebarkan di darat hingga di perairan Danau Toba di sekitar lokasi peristiwa bencana alam itu.

"Pencarian terbagi atas SRU I darat untuk menyisir di sekitar LKP fokus pada titik-titik yang dicurigai," sebut Budiono.

Halaman Selanjutnya
img_title