AKP Rachmat Aribowo Jabat Kasat Reskrim Polres Langkat, Ini Sosoknya

Kasat Reskrim Polres Langkat, AKP Rachmat Aribowo.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Sebulan kurang lebih diisi pelaksana harian, akhirnya terjawab siapa pejabat yang mengisi jabatan Kasat Reserse Kriminal Polres Langkat. Adalah AKP Rachmat Aribowo yang akan mengisi jabatan Kasat Reskrim Polres Langkat pascaditinggal AKP Luis Beltran yang dimutasi ke luar Sumatera Utara.

Diduga Menyelundupkan Sabu 19 Kg, 3 Wanita Asal Bogor Ditangkap di Bandara Kualanamu

Seperti apa sosok AKP Rachmat Aribowo? Perwira pertama (pama) kelahiran Medan, 1 Maret 1987 itu sudah berpengalaman di bidang reserse. Sebelum mengisi jabatan Satreskrim Polres Langkat, alumni Akademi Kepolisian (Akpol) yang akrab disapa Bowo itu, sebelumnya menjabat Kasat Reskrim Polres Simalungun.

Setelah lulus Akpol tahun 2012, ia ditempatkan pertama di Polda Bali menjadi Panit Polsek Denpasar Selatan. Kemudian menjabat KBO Narkoba Polres Bangli dan bergeser menjadi Kanit Pidum Polres Bangli. Sekitar tahun 2016, Bowo berlabuh ke Polda Sumatera Utara dan ditugaskan menjadi Kanit 2 Satreskrim Polrestabes Medan.

Selundupkan Sabu 6 Kilogram, Tiga Pria Asal Aceh Ditangkap di Bandara Kualanamu

Tak lama berselang, ia diamanahkan menjadi Kanit Pidum Polrestabes Medan dan selanjutnya menjabat Kanit Turjawali Satlantas Polrestabes Medan. Saat di Polrestabes Medan, ia dipercaya pimpinan dan ditunjuk sebagai komandan sekaligus kepala tim (Katim) untuk menangkap bandar besar narkoba kelas kakap asal Kampung Kubur, Medan, yang bernama Zakir Husen (Almarhum).

Perintah itu diberikan langsung Kapolrestabes Medan yang dijabat Kombes Dadang Hartanto dan kini sudah berpangkat Irjen. Bowo menyebut, akan menjalani tugasnya sebagai Kasat Reskrim Polres Langkat dalam minggu ini.

Melaju Kencang, Mobil Porsche Hantam Tembok Markas Samapta Polrestabes Medan

"Minggu ini kayaknya sudah beraktivitas di Langkat," ujar Rachmat, Selasa 19 September 2023.

Ia pun mengatakan memohon doa dan dukungan rekan-rekan media, selama ia bertugas di Kabupaten Langkat.

Halaman Selanjutnya
img_title