Lestarikan Oleh-oleh Khas Medan, Mak Ganjar Latih Emak-emak Membuat Bika Ambon

Mak Ganjar gelar pelatihan membuat Bika Ambon.
Sumber :
  • Istimewa/VIVA Medan

VIVA Medan - Bika Ambon merupakan oleh-oleh khas Kota Medan patut dijaga dan dilestarikan. Hal inilah yang membuat Mak Ganjar wilayah Sumatera Utara (Sumut) memberikan pelatihan memasak kue bika ambon kepada emak-emak di Kabupaten Deliserdang.

Usai Upacara HBP ke-60, Lapas Siborongborong 'Digruduk' Personel Polsek Siborongborong

Ada pun emak-emak yang mengikuti pelatihan cara membuat kue bika ambon ini digelar di Jalan Mandala Dagangan Karawang, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deliserdang, Minggu 17 September 2023.

"Kami adakan kolaborasi dengan Rafi Bakery dalam melatih para mak-mak membuat bika ambon. Karena bika ambon merupakan kue khas Medan yang sudah cukup terkenal," ungkap Koordinator Mak Ganjar Sumatera Utara Nour Wahyuni.

Sah! Prabowo-Gibran Presiden dan Wakil Presiden RI Terpilih 2024-2029

Menurutnya, kue bika ambon merupakan sasaran kuliner yang merupakan kue khas Medan yang sudah menjadi tradisi warga medang dalam menyediakan hidangan di acara-acara besar.

Maka, Nour memberikan pelatihan ini mendorong agar emak-emak bisa terampil dalam membuat bika ambon. Terlebih, pembuatan bika ambon bisa memberikan peluang usaha rumahan bagi para emak-emak.

Gerakan ABC Dapur MasteRasa Bagikan 12.000 Paket Kebaikan Ramadan di Medan

"Ini kan sudah menjadi ciri khas bahkan di beberapa tempat sudah jadi tradisi hidangan untuk hari-hari besar. Tujuannya supaya emak-emak di sini bisa terampil membuat bika ambon dan salah satunya untuk menjadi pemasukan bagi emak-emak," lanjut Nour.

Kedepan, tak hanya pelatihan bika ambon, sukarelawan Ganjar Pranowo ini menargetkan lebih banyak emak-emak untuk melakukan sosialisasi yang bermanfaat. Serta mengenalkan lebih banyak kiprah Ganjar Pranowo kepada emak-emak di Sumatera Utara.

Halaman Selanjutnya
img_title