USU Gelar Wisuda Diikuti 4.189 Lulusan, Rektor Muryanto: Harus Siap Hadapi Gig Economy

USU gelar wisuda 4.189 lulusan di Auditorium USU.
Sumber :
  • Dok USU

VIVA Medan - Sebanyak 4.189 wisudawan-wisudawati mengikuti prosesi wisuda Periode IV Tahun Akademik 2022/2023, yang digelar Universitas Sumatera Utara (USU) di Auditorium USU, berlangsung 30 Agustus hingga 2 September 2023.

Mahasiswa Mengakui Miskin, Rektor USU : Dimasukan Data UKT Tagihan Listrik Supirnya

Lulusan USU periode ini sendiri terdiri dari 1.606 orang (38.34 %) Pria dan 2.583 orang (61.66 %) Wanita. Hingga saat ini jumlah lulusan USU adalah sebanyak 250.134 orang.

Rektor USU Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos., MSi., memilih tema 'Pembelajar Tangguh dan Fenomena Pekerja Gig Economy' dalam pidatonya, untuk menyambung pidato pada wisuda sebelumnya yang mengambil tema Megashift: Transformasi Mengatasi Masalah Menjadi Solusi di Dunia Industri.

Meski Ada Solusi Keringanan Pembayaran, BEM USU Tegas Menolak Kenaikan UKT

"Hampir semua manusia produktif di seluruh dunia, tidak akan pernah menutup mata dan pikirannya untuk mengetahui, memahami, dan merespons perubahan yang begitu sangat cepat terjadi dan sulit diprediksi," ucap Muryanto dalam keterangan tertulis, Sabtu 2 September 2023.

Rektor menjelaskan, revolusi digital, perubahan iklim, dan dampak pandemi yang sering disebut Triple Disruption menuntut kita semua untuk mengubah secara besar-besaran tata cara mengelola interaksi kehidupan sosial, ekonomi, budaya, politik, dan lainnya.

UKT Naik, Rektor USU Berikan Solusi Keringanan Pembayaran Uang Kuliah

"Munculnya fenomena, gig economy menjadi salah satu dampak dari perubahan yang sedang terjadi di dunia industri dan mengharuskan, lulusan Universitas Sumatera Utara memiliki kemampuan menghadapi fenomena itu. Menjadi sangat relevan bahwa kami tidak akan pernah bosan menyampaikan tentang makna menjadi alumni USU sebagai pembelajar sepanjang hayat," katanya.

Rektor mengatakan dirinya telah berdiskusi dengan banyak alumni Universitas Sumatera Utara yang bekerja di industri berskala global dalam posisinya sebagai pegawai dengan berbagai status, pemilik usaha, maupun pekerja lepas (freelance).

Halaman Selanjutnya
img_title