Berbeda dengan Edy Rahmayadi, Wagub Ijeck Kenakan Pakaian Adat Nisel di Peringati HUT RI ke-78

Wagub Sumut, Musa Rajekshah kenakan pakaian adat Nias Selatan saat upacara HUT Kemerdekaan RI ke-78.
Sumber :
  • Dok Pemprov Sumut

VIVA Medan - Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah mengenakan baju daerah Nias Selatan, Baru Oholu dalam upacara HUT Ke-78 RI di Lapangan Astaka, Jalan William Iskandar, Kabupaten Deliserdang, Kamis 17 Agustus 2023.

11 Orang Daftar ke Demokrat untuk Pilgub Sumut 2024, Ada Edy Rahmayadi dan Bobby Nasution

Musa Rajekshah atau akrab disapa Ijeck memakai baju berwarna kuning dengan corak segi empat atau dikenal dengan istilah Ni’obakola. Baju dengan motif ini biasa dipakai kaum bangsawan karena menggambarkan kejayaan dan kekuasaan. Baju ini dijahit langsung oleh perajin asal Teluk Dalam, Nias Selatan bernama Diami Maru’ao.

Diami Maru’ao atau pemilik usaha Sanora Art ini juga turut menghadiri upacara HUT RI di Astaka Pancing menyampaikan baju adat yang dipakai Wagub hasil karyanya yang diberikan Pemkab Nias Selatan kepada Wagub saat kunjungan kerja sekitar dua tahun lalu.

Golkar Bertemu PKS, Potensi Koalisi dan Usung Ijeck di Pilgub Sumut Terbuka

“Kebetulan saya ada di Medan jadi saya dipanggil Bapak Wagub biar tidak salah cara pakainya. Baju yang dipakai Pak Wagub ini khas Nias Selatan warnanya dominan Kuning dan Merah serta ada sedikit dasar hitam," sebut Wagub Ijeck kepada wartawan.

Pakaian adat yang dikenakan tersebut, Wagub Ijeck memiliki makna dalam adat Nias Selatan.

243 Bacakada di Sumut Mendaftarkan Diri ke Golkar untuk Bertarung di Pilkada 2024

"Kuning atau emas melambangkan kekayaan, kemuliaan dan kesuksesan sementara merah ini artinya keberanian dan keganasan. Hitam melambangkan tanah airnya Nias. Baju ini biasa dipakai acara adat, pesta pernikahan bermakna raja atau bangsawan,” jelasnya.

Lanjutnya baju ini, dilengkapi dengan Mahkota (Laeru), Kalung (Kalabubu) yang terbuat dari tempurung kelapa dan Rompi Ni Obowogafasi, Cawan (Ondrora) dan pedang Pedang (Tologu). Sementara itu Ijeck mengungkapkan kebahagiaannya bisa mengenakan pakaian adat asal Sumut, Nias Selatan.

Halaman Selanjutnya
img_title