Fraksi Gerindra Absen Dalam Rapat Pengusulan Pj Gubernur di DPRD Sumut, Ada Apa?

Calon Pj Gubernur Sumut yang diajukan DPRD Sumut ke Kemendagri.
Sumber :
  • Istimewa Kolase Foto

VIVA Medan - Rapat pimpinan DPRD Sumatra Utara membahas terkait pengajuan calon nama-nama Penjabat (Pj) Gubernur Sumut, tidak dihadiri dari Fraksi Gerindra. Rapat tersebut digelar di Gedung DPRD Sumut, di jalan Imam Bonjol, Kota Medan, Kamis siang, 3 Agustus 2023, sekitar pukul 14.00 WIB.

PKS Bertemu PDIP, Berpotensi Koalisi dan Usung Edy Rahmayadi di Pilgub Sumut

Rapat pimpinan itu, dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting bersama 8 Fraksi dari 9 Fraksi DPRD Sumut. Hasil rapat tersebut, mengusulkan tiga calon nama Pj Gubernur Sumut, mengganti Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah yang berakhir masa jabatannya, pada 5 September 2023 mendatang.

Baskami mengungkapkan, sudah menghubungi Ketua Fraksi Gerindra DPRD Sumut, Ari Wibowo melalui telpon selular untuk menghadiri rapat fraksi DPRD Sumut itu. Namun, handponenya mati. Saat dihubungi Sekretaris Fraksi Gerindra DPRD Sumut, Gusmiyadi menyatakan belum mendapatkan petunjuk atau keputusan dari DPD Gerindra Sumut.

Video Viral Mirip Sekda Tapanuli Utara Diduga Mesum, Ini Respon Pj Gubernur Sumut

"Seharusnya, kami tunggu sampai jam 2 siang. Sampai jam 4 sore, dia tidak hadir. Kami telpon Ketua tidak aktif, kami telpon sekretaris, bilang belum ada petunjuk dari DPD. Ini rapat tidak bisa ditunda, harus kami putuskan, Gerindra yang belum masuk namanya," jelas Baskami kepada wartawan di ruangan kerjanya di DPRD Sumut, Kamis sore, 3 Agustus 2023.

Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting.

Photo :
  • BS Putra/MEDAN VIVA
Dorong Upaya Inovasi, Penandatanganan Kesepakatan KAD Karo, Dairi dan Langkat

Baskami menjelaskan meski rapat pimpinan tersebut, tidak dihadiri Fraksi Gerindra DPRD Sumut, tidak menggangu mekanisme proses pengajuan nama-nama calon Pj Gubernur Sumut itu.

"Tidak ganggu mekanisme untuk pengajuan nama calon Pj Gubernur itu. Kita tidak main voting, 8 Fraksi dari 9 Fraksi sudah hadir. Kita sudah hubungi mereka," sebut politisi senior PDI Perjuangan itu.

Halaman Selanjutnya
img_title