Pembuat Video Wanita Jadi Imam, MUI Sumut Pastikan Tidak Ada Kaitannya dengan Ponpes Al-Zaytun

Kolase potongan video seorang wanita menjadi imam salat dengan makmum laki-laki.
Sumber :
  • Istimewa/MEDAN VIVA

VIVA Medan - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatra Utara (Sumut) memastikan bahwa Padepokan Sendang Sejagat memproduksi konten video wanita imam salat laki-laki, tidak ada hubungannya dengan Pondok Pesantren Al-Zaytun.

Pendaftar PPK Pilkada Serentak 2024 di Sumut Tercatat 8.921 Orang

Sekretaris Bidang Fatwa MUI Sumut, Irwansyah mengungkapkan hal tersebut, berdasarkan hasil investigasi dari MUI Kabupaten Langkat dengan memintai keterangan terhadap pimpinan Padepokan Sendang Sejagat, Sunaryo alias Mamaz Karyo.

"Mereka tidak ada, kaitan atau hubungannya dengan Ponpes Al Zaytun. Yang sedang hangat dibicarakan di masyarakat," jelas Irwansyah dalam jumpa pers di Kantor MUI Sumut, Kota Medan, Selasa 4 Juli 2023.

Reuni Akbar ke-33, STOK Bina Guna Perkenalkan Prodi Baru Satu-satunya di Sumut

Namun, disisi lain ditemukan fakta-fakta mencengangkan dari aktivitas Padepokan Sendang Sejagat, jamaah pengikutnya berjumlah 12 orang.

"Mereka hanya mengelola padepokan dan tidak memiliki pesantren serta santri khusus yang belajar agama," ucap Irwansyah.

Bakal Lawan Edy Rahmayadi dan Bobby Nasution di Pilgub Sumut 2024, Ijeck: Bersaing Secara Sehat

Berdasarkan investigasi dilakukan MUI Kabupaten Langkat, Irwansyah mengungkapkan ditemukan fakta bahwa Padepokan Sendang Sejagat mengajarkan ilmu tasawuf, namun tidak memiliki referensi dan guru pembimbing.

"Mereka mengajarkan agama ilmu tasawuf, namun tidak memiliki referensi dan tidak bisa membaca kitab Arab, tidak ada sanad keilmuan, serta tidak ada guru pembimbing. Mereka hanya melaksanakan pengobatan herbal," jelas Irwansyah.

Halaman Selanjutnya
img_title