Pecatan Polisi dapat Senpi dari Oknum Pasukan Khusus Dituntut 4 Tahun

Terdakwa penjualan senpi, Rahmansyah Hasibuan saat sidang secara daring dari Lapas Binjai.
Sumber :
  • M Akbar/VIVA Medan

VIVA Medan - Rahmansyah Hasibuan, terdakwa kasus penjualan senjata api ilegal akhirnya mendengar tuntutan pidana dari Jaksa Penuntut Umum, Elly Syahfitri Harahap, belum lama ini. Pecatan anggota Polri yang mendapat senpi dari oknum pasukan khusus atas nama Arnold itu dituntut 4 tahun pidana penjara.

Grebek Tempat Peredaran Narkoba, Polres Labusel Tangkap 11 Tersangka

Kepala Seksi Tindak Pidana Umum Kejaksaan Negeri Binjai, Andri Dharma membenarkan hal tersebut. Ia menyebut, amar tuntutan pidana 4 tahun kurungan penjara tersebut sudah dibacakan JPU Elly, setelah seminggu tertunda karena belum selesai.

"Benar, sudah dibacakan tuntutannya yakni 4 tahun penjara," kata Andri, Minggu 2 Juli 2023.

Nisa 'Ratu Narkoba' Asal Aceh Bersama 2 Terdakwa Divonis Mati di PN Medan

Dalam amar tuntutan JPU, Rahmansyah dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana tanpa hak memasukkan ke Indonesia, membuat, menerima, mencoba, memperolehnya, menyerahkan atau mencoba menyerahkan, menguasai, membawa, mempunyai persediaan padanya atau mempunyai dalam miliknya, menyimpan, menyangkut, menyembunyikan, dan mempergunakan sesuatu senjata api, amunisi.

Sebagaimana diancam pidana dalam pasal 1 ayat (1) Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 Tentang Amunisi, sebagaimana dalam dakwaan tunggal penuntut umum.

Komunitas 234 SC dan RNR Beri Penghargaan ke Kapolres Binjai

Karena itu, JPU menuntut terdakwa dengan pidana 4 tahun kurungan penjara. Adapun barang bukti dalam kasus jual senpi ini yakni, fotokopi selip setoran transfer uang melalui BRI dari pembeli atas nama Joni Surbakti sebanyak 3 kali.

Masing-masing Rp30 juta pada 15 Juli 2020, Rp20 juta pada 21 Juli 2022 dan Rp15 juta pada 21 Juli 2022. Joni Surbakti selaku mantan Kepala Desa di Kecamatan Sei Bingai membeli senjata api rakitan secara ilegal senilai Rp65 juta.

Halaman Selanjutnya
img_title