Tanggapan Maped Terkait 3 Calon KPU Sumut Miliki Riwayat Penyakit, Timsel Harus Terbuka ke Publik

14 calon anggota KPU Sumut periode 2023-2028.
Sumber :
  • Dok KPU Sumut

VIVA Medan - Hasil pengumuman hasil Tim Seleksi (Timsel) terhadap 14 calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara 2023-2028. Terdapat tiga calon diduga memiliki riwayat penyakit, tapi diloloskan.

Diduga Cabuli Anak Tetangganya, Seorang Petani di Simalungun Ditangkap Polisi

Hal ini, terus menjadi sorotan publik. Dari hasil pengumuman, tertuang dalam surat nomor: 017/TIMSELPROV-GEL5-Pu/04/12/2023. Surat itu dintandatangani oleh Ketua Timsel H Edwin Nasution dan Sekretaris John Fresly Hutahean, tertanggal 29 Juni 2023.

Mendapatkan tanggapan masyarakat dari Masyarakat Peduli Demokrasi (Maped). Hasil pengumuman 14 calon anggota KPU Sumut, dalam penetapan tes kesehatan dan wawancara. Tertuang dalam tanggapan itu, bahwa calon anggota KPU Sumut memiliki riwayat penyakit, seperti Yenni Chairah Rambe, Zulfan Effendi, Raja Ahab.

Longsor Terjang Tapanuli Utara, Balita 4 Tahun Tewas Tertimbun

Anggota KAHMI Kabupaten Tapanuli Selatan, Ahmad Effendi Nasution mengungkapkan terkait tanggapan disampaikan oleh Maped itu, Timsel harus menindaklanjuti tanggapan tersebut berdasarkan ketentuan berlaku.

"Terkait, berita yang aku baca. Ada indikasi tiga orang calon memiliki riwayat penyakit. Sejatinya jika ada tanggapan, apa lagi akan ada yang menyampaikan gugatan ini. Indikasi ini, harus ditindaklanjuti, karena kerja dan tugas timsel ini harus terpercaya. Memiliki akuntabilitas, kredibilitas, integritas," kata Ahmad kepada VIVA, Sabtu 1 Juli 2023.

Hutama Karya Segera Operasikan Tol Indrapura - Kisaran, Jarak Tempuh Semakin Dekat

Ahmad mengatakan apa yang dikeluarkan Timsel ini, harus taat aturan bisa diterima dan terpercaya oleh publik antara penanggap dan Timsel sesuai dengan ketentuan berlaku.

"Satu masyarakat (Maped) akan menggugat, satu timsel sudah sesuai dengan prosedur. Kalau menurut saya Timsel pastilah melindungi dan mempertanggungjawabkan hasil pekerjaannya," jelas Ahmad.

Halaman Selanjutnya
img_title