Pasca Orde Baru, Rudolf Pardede Ternyata Gubernur Sumut Pertama dari Warga Sipil

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi.
Sumber :
  • Dok Pemprov Sumut

VIVA Medan – Mantan Gubernur Sumatera Utara, Drs Rudolf Matzuoka Pardede meninggal dunia saat menjalani perawatan medis di Rumah Sakit (RS) Siloam, Kota Medan, Selasa malam, 27 Juni 2023, sekitar pukul 21.15 WIB.

Dedi Iskandar Kagum Lihat Produk-produk Hasil Binaan di Rutan Kelas I Medan

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi mewakili masyarakat menyampaikan turut berbelasungkawa yang mendalam, atas meninggalnya Rudolf M Pardede, yang merupakan Gubernur Sumut periode 10 Maret 2006 -15 Juni 2008.

Mantan Pangkostrad itu, melayat tempat persemayaman Rudolf Pardede di Pardede Hall, Jalan DR TD Pardede Medan, Rabu 28 Juni 2023. Edy Rahmayadi berharap keluarga yang ditinggalkan ikhlas dan tabah.

Peluncuran Tahapan Pilkada Sumut 2024, Pj Gubernur Sumut Dorong Peningkatan Partisipasi Pemilih

“Atas nama masyarakat Sumatera Utara saya mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya dan keluarga yang ditinggalkan bisa ikhlas dan tabah,” ucap Gubernur Edy.

Rudolf M Pardede yang merupakan warga sipil pertama menjadi Gubernur Sumut sejak atau pasca Orde Baru. Menurut Edy Rahmayadi banyak meninggalkan warisan kepada Sumut. Warisan tersebut antara lain infrastruktur, tata kelola pemerintahan, pengembangan SDM dan lainnya.

Jalan Alternatif Langkat-Karo Longsor, Sisakan 1 Meter yang Bisa Dilalui Pengendara

“Kita semua akan seperti beliau (meninggal dunia) hanya masalah waktu, tetapi apakah kita bisa mewariskan hal yang berharga kepada generasi selanjutnya seperti yang sudah dilakukan beliau? Kita harap kita mampu melakukan itu,” jelas mantan Ketua Umum PSSI itu.

Beberapa kali tampak Edy Rahmayadi memberikan semangat kepada anak-anak Rudolf M Pardede serta keluarga yang ditinggalkan. Begitu juga dengan Ketua TP PKK Sumut, Nawal Lubis yang mencoba menghibur istri mendiang dan keluarga lainnya.

Halaman Selanjutnya
img_title